Mata Lokal Memilih

Elektabilitas Ridwan Kamil sebagai Cawapres Masih Teratas tapi Melemah, AHY dan Erick Thohir Menguat

Elektabilitas Ridwan Kamil sebagai cawapres masih teratas namun ada kecenderungan melemah. Berbeda dengan AHY dan Erick Thohir yang cenderung menguat.

Tangkap Layar Kompas TV/Instagram agusyudhoyono/erickthohir
Ridwan Kamil - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) - Erick Thohir. Elektabilitas Ridwan Kamil sebagai cawapres masih teratas namun ada kecenderungan melemah. Berbeda dengan AHY dan Erick Thohir yang cenderung menguat. 

TRIBUNKALTIM.CO - Nama Ridwan Kamil kembali menjadi yang teratas dalam survei elektabilitas calon wakil presiden (cawapres). 

Meski dari survei Indikator Politik Indonesia masih menempati posisi teratas dalam survei cawapres, namun posisi Ridwan Kamil disebut cenderung melemah.

Sementara itu, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Erick Thohir yang elektabilitasnya di bawah Ridwan Kamil, justru cenderung menguat.

Dari hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis hari ini, Kamis (1/12/2022), Ridwan Kamil menjadi yang paling banyak dipilih dalam simulasi 18 nama semi terbuka cawapres

Sosok Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ini mengungguli sejumlah nama lainnya seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sandiaga Uno hingga Erick Thohir

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan Ridwan Kamil paling banyak dipilih sebagai cawapres.

Dalam rilis virtual hari ini, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, "Ridwan Kamil paling banyak dipilih, 19,7 persen, kemudian Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 16,3 persen, Sandiaga Uno 12,8 % , Erick Thohir 9,6 % , dan Khofifah Indar Parawansa 5,3 % "

Namun demikian, meski meraih elektabilitas teratas, Burhanuddin menuturkan dalam survei beberapa bulan terakhir posisi Ridwan Kamil cenderung melemah.

Burhanuddin Mutadi mengatakan, "Ridwan Kamil sempat menguat pada Juni–Agustus, tapi terakhir melemah." 

Sementara Sandiaga Uno, menurut Burhanuddin Muhtadi cenderung menurun.

Baca juga: Jika Maju Cawapres 2024, Ridwan Kamil Disarankan tak Gabung Partai Politik, Elektabilitas Kang Emil

Sedangkan AHY konsisten menguat sejak Juni 2022.

Burhanuddin Mutadi mengatakan, "Erick Thohir relatif stabil dengan kecenderungan menguat." 

Sebagai informasi, survei tatap muka secara nasional ini digelar sejak 30 Oktober hingga 5 November 2022.

Ddikutip TribunKaltim.co dari Tribunnews.com di artikel yang berjudul Survei Indikator Politik: Elektabilitas Ridwan Kamil Teratas Sebagai Cawapres, penarikan sampel untuk survei ini menggunakan metode multistage random sampling.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved