Berita Balikpapan Terkini

Program Wirausaha Merdeka, Mahasiswa Uniba Kunjungi Industri ke Endhifa Bakery

Universitas Balikpapan melakukan kunjungan industri ke Endhifa Bakery dalam rangka program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yaitu Wirausaha Merdeka.

Tribunkaltim.co/Ary Nindita Intan
Universitas Balikpapan saat melakukan kunjungan industri ke Endhifa Bakery di Jalan DI Panjaitan Nomor 30, Sumber Rejo, Kota Balikpapan, Kamis (1/12/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Mahasiswa Universitas Balikpapan (Uniba) melakukan kunjungan industri ke Endhifa Bakery di Jalan DI Panjaitan Nomor 30, Sumber Rejo, Kota Balikpapan, Kamis (1/12/2022).

Kunjungan ini dilakukan untuk mengetahui proses hingga kendala yang dihadapi Endhifa Bakery selama produksi.

Dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Admisi, Humas, Kemahasiswaan dan Alumni, Rahmat Rusli; Kepala Biro Humas, Indrayani; Ketua Program Studi Teknik Mesin, Siska Ayu Pratiwi; Ketua Program Studi Arsitek, Suheria;  Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP, Husnul; serta 19 mahasiswa dari berbagai program studi.

Baca juga: Kawal dan Dukung Pembangunan Ibu Kota Negara, Isradi Zainal Deklarasikan Uniba sebagai Kampus IKN

Rahmat menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yaitu Wirausaha Merdeka.

"Hal ini dapat menumbuhkan minat mahasiswa dalam hal, bagaimana mengawali suatu usaha atau bisnis. Kemudian, menumbuhkan mindset kompetensi, meningkatkan pengalaman, karena ini berhubungan dengan interaksi pelaku usaha atau bisnis," ujarnya.

Rahmat berharap, kunjungan ini dapat menambah semangat mereka agar tidak menjadi generasi yang menerima saja.

"Tapi generasi yang berjuang, mengawali sesuatu yang baru dan baik. Karena mereka yang akan mewarisi masa depan Indonesia ke depan," tukasnya.

Baca juga: Peringati Hari Sumpah Pemuda, Uniba Persiapkan Pemuda Dukung IKN

Dikatakan Ketua Wirausaha Merdeka Universitas Lambung Mangkurat, Totok Wianto, pihaknya datang ke Universitas Balikpapan untuk membahas aktivitas daripada program wirausaha tersebut.

"Sebenarnya ini adalah program nasional, kemudian terdapat beberapa wirausaha yang ada di Kota Balikpapan, maka penyelenggaran industri dilakukan di Kota Balikpapan," ulasnya.

Program ini dapat menumbuhkan semangat mahasiswa untuk meningkatkan wawasan terkait kewirausahaan.

"Dosennya harus mendorong, kemudian mahasiswanya melakukan kegiatan yang berkaitan dengan wirausaha. Hal ini diharapkan agar nantinya mahasiswa bisa menjadi entrepreneur, terjun ke dalam dunia bisnis atau wirausaha. Ini bisa menjadi poin yang baik bagi program kewirausahaan dalam lingkup mahasiswa," jelasnya.

Baca juga: Presiden BEM Uniba Menjadi Delegasi Kalimantan Timur Dalam Festival Pemuda 2022 di Surabaya

Saat melakukan kunjungan, rombongan langsung disambut langsung oleh owner Endhifa Bakery, Eni Purwati.

Berbekal pengalaman, bisnis roti ini dirintis Eni dan suaminya sejak tahun 2010 lalu.

"Sedikit demi sedikit, akhirnya menjadi industri roti yang cukup eksis di Kota Balikpapan," ucapnya.

Sedangkan untuk pemasaran, Eni melakukan promosi melalui live mulai dari Facebook, Instagram dan lain-lain.

Dalam kunjungan ini, Endhifa Bakery turut mendapat piagam penghargaan dari Universitas Lambung Mangkurat atas kontribusi sebagai tempat kunjungan Industri pada kegiatan Wirausaha Merdeka.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved