Berita Balikpapan Terkini

Pemkot Balikpapan Ramaikan Integrity Expo Peringatan Hakordia 2022 di Jakarta

Pemerintah Kota Balikpapan turut hadir meramaikan Integrity Expo yang dilaksanakan di Gedung Menara Bidakara Jakarta Selatan selama dua hari.

Penulis: Niken Dwi Sitoningrum | Editor: Aris
HO/Diskominfo Balikpapan
Pemkot Balikpapan turut memeriahkan Integrity Expo dalam rangka memperingati Hakordia 2022 di Jakarta. (HO/Diskominfo Balikpapan) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan turut hadir meramaikan Integrity Expo yang dilaksanakan di Gedung Menara Bidakara Jakarta Selatan selama dua hari sejak hari ini Jumat (9/12/2022) sampai Sabtu (10/12/2022) besok.

Integrity Expo ini diselenggarakan dalam rangka Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang diperingati hari ini.

Dalam kesempatan tersebut, Inspektorat Balikpapan hadir bersama lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

Kelima OPD yang terlibat yakni DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu), DPPR (Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang), Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil), Dishub (Dinas Perhubungan), dan Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Balikpapan.

Baca juga: Manfaatkan Pembangunan IKN Nusantara, Pengembang Ini Tambah Hotel di Balikpapan

Kelimanya masing-masing membawa program yang mendukung pelaksanaan pemerintahan yang berintegritas.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud dalam kesempatan ini mengikuti dalam pembukaan Integrity Expo. Turut hadir juga Inspektur Kota Balikpapan, Tirta Dewi; Kepala DPPR, Neny Winahyu; Kepala Disdukcapil, Hasbullah Helmi; Kepala Dishub, Elvin Junaidi; Kepala Diskominfo, Adamin Siregar dan Kabag Hukum Setdakot, Elyzabeth Toruan.

Inspektur Kota Balikpapan, Tirta Dewi mengungkapkan, Balikpapan menjadi salah satu pemerintah kota yang terpilih untuk mengikuti Integrity Expo dalam rangka peringatan Hakordia tahun 2022 yang dilaksanakan oleh KPK RI.

"Alhamdulillah Pemerintah Kota Balikpapan dipercaya mengikuti Integrity Expo ini karena kedepan semua akan memanfaatkan teknologi informasi di dalam memberikan pelayanan publik. Ini dilakukan untuk meminimalisir face to face atau tatap muka," ungkap Tirta Dewi melalui siaran pers yang diterima Tribunkaltim.co.

Baca juga: Pekerja Bangunan di Balikpapan Tersetrum Listrik Saat Mengecat, Luka Bakar Diperkirakan 85 Persen

Menurutnya, hal ini menunjukkan adanya integritas dalam memberikan pelayanan tanpa tatap muka, yang menandakan adanya upaya menghindari korupsi, kolusi, nepotisme (KKN) seperti pungutan liar.

"Balikpapan ke depan sebagai penyangga ibu kota negara (IKN) Nusantara, sehingga kami berupaya dapat memberikan pelayanan publik e-service. Atau pelayanan menggunakan sistem online," tuturnya.

Melalui pelayanan secara digital ini, diharapkan dapat memberikan transparansi atau kepercayaan kepada masyarakat. Juga kepastian dalam menerima pelayanan.

Baca juga: Lengkap Daftar UMP dan UMK 2023 di Kalimantan Timur, UMK Balikpapan Naik 6,6 Persen Jadi Rp3.324.273

Pihaknya juga berharap, kedepannya seluruh aparatur sipil negara (ASN) yang menjalankan roda pemerintahan daerah ini bisa meningkatkan integritas.

"Sehingga kepercayaan masyarakat meningkat, mereka semakin puas terhadap layanan di Pemerintahan kota Balikpapan. Sehingga sesuai dengan Balikpapan berintegritas, Balikpapan bebas korupsi," tandasnya.

Di stand/booth tersebut, Kota Balikpapan memperkenalkan program untuk mendukung pemerintahan berintegritas. Diantaranya, Dukcapil Go Digital, Mal Pelayanan Publik, Wisthle Blower, One Map One Data, serta Balikpapan Single Window. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved