Natal 2022

Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman Untuk Natal dan Tahun Baru

PT Pertamina (Persero) melalui sub holding Commercial and Trading yaitu PT Pertamina Patra Niaga memastikan pasokan dan stok BBM serta LPG

Penulis: Ardiana | Editor: Budi Susilo
HO/PERTAMINA
PT Pertamina Patra Niaga memastikan pasokan dan stok BBM serta LPG di Kalimantan Timur aman saat Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - PT Pertamina (Persero) melalui sub holding Commercial and Trading yaitu PT Pertamina Patra Niaga memastikan pasokan dan stok BBM serta LPG di Kalimantan Timur aman saat Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Melalui siaran pers yang diterima Tribunkaltim.co Rabu (21/12/2022), hal tersebut disampaikan oleh Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, M. Taufiq Setyawan.

Sebagai komitmen penyaluran energi berupa BBM dan LPG, Taufiq menambahkan, penyaluran BBM jenis gasoline Pertamax Turbo, Pertamax dan Pertalite di Kalimantan Timur saat Natal dan Tahun baru.

Diprediksi akan meningkat sebanyak 2,9 persen dari 2.044 Kiloliter per hari di saat normal menjadi 2.103 KL saat Nataru nanti.

Baca juga: Pertamina Balikpapan Olahraga Bersama Masyarakat untuk Jalin Kebersamaan

Sedangkan untuk BBM jenis gasoil (dex series dan biosolar) akan naik 2,2 persen dari harian normal sebesar 809 KL menjadi 827 KL per hari.

Sementara itu, LPG juga diprediksi akan naik 6,8 persen dari penyaluran harian normal sebesar 484 MT (Metric Ton) menjadi 517 MT perhari saat Natal dan Tahun Baru nanti.

Peningkatan tersebut seiring dengan prognosa atau perkiraan kami secara keseluruhan di regional Kalimantan.

Produk BBM jenis gasoline) akan meningkat sebesar 5 persen dan BBM jenis gasoil (dex series dan biosolar) akan naik sebesar 1,5 persen saat Natal dan Tahun baru ini.

Baca juga: 65 Tahun Eksistensi Pertamina di Kaltim, Salurkan BBM dan LPG hingga Pelosok Negeri

"Sementara untuk LPG diperkirakan akan naik sebesar 5 persen,“ ungkapnya.

Terkait ketahanan stok BBM serta LPG, Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan memastikan aman dengan rata-rata ketahanan stok antara 8 hingga 15 hari akumulatif.

Terdapat beberapa supply point BBM serta LPG seperti Integrated Terminal Balikpapan, Fuel Terminal Samarinda, Depot LPG Balikpapan, Jobber Pendingin dan STS (ship to ship) Balikpapan.

"Yang siap memenuhi kebutuhan energi BBM serta LPG di Kalimantan Timur,” tambahnya.

Tak hanya itu, Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan juga telah mengaktifkan posko Satgas Natal dan Tahun Baru (Nataru) semenjak tanggal 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 yang memiliki tugas untuk mengawasi penyaluran serta kesiagaan stok di seluruh Fuel Terminal, SPBU, SPPBE dan agen LPG yang ada di regional Kalimantan khususnya Kalimantan Timur.

Baca juga: Gelar FGD, Pertamina Libatkan Pemangku Kepentingan demi Keamanan Jalur Pipa Bawah Air

“Kami berharap dengan adanya posko satgas ini kepastian penyaluran dan kesiapan stok BBM serta LPG dapat dioptimalkan dengan baik," katanya.

Bagi masyarakat atau konsumen yang membutuhkan informasi ketersediaan stok ataupun memberikan masukan serta saran.

"Dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina,” pungkasnya. (*)

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved