65 Tahun Eksistensi Pertamina di Kaltim, Salurkan BBM dan LPG hingga Pelosok Negeri

PT Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk menyalurkan energi hingga pelosok negeri, tidak terkecuali Kalimantan Timur.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Pertamina
Kondisi geografis yang menjadi satu tantangan tidak menyurutkan Pertamina dalam penyaluran BBM dan LPG hingga pelosok negeri. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sebagai sub holding commercial and trading dari PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Patra Niaga di regional Kalimantan menyalurkan kebutuhan energi berupa BBM dan LPG serta produk turunan lainnya kepada masyarakat, tidak terkecuali di Provinsi Kalimantan Timur.

Setiap harinya, Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan menyalurkan sebesar 609 kiloliter produk solar, 1.741 kiloliter produk Pertalite dan 104.456 tabung LPG 3 kg.

Hal tersebut diungkapkan Area Manager Comm, Rel and CSR Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, dalam keterangan persnya pada Jumat (9/12/2022).

Baca juga: Pertamina Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Baru Ulu Balikpapan

Menurut Arya, kondisi geografis merupakan salah satu tantangan bagi Pertamina dalam penyaluran energi hingga pelosok negeri.

"Di wilayah Kalimantan Timur masih ada beberapa titik yang perlu dijangkau oleh Pertamina bersama Pemerintah pusat dan daerah untuk menyalurkan energi kepada masyarakat di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) seperti salah satunya wilayah Kecamatan Long Apari," ungkapnya.

Saat ini, Pertamina Patra Niaga memiliki beberapa fasilitas penyaluran yang berada di wilayah Kalimantan Timur.

"Kami memiliki 4 Terminal BBM yaitu Integrated Terminal Balikpapan, Fuel Terminal Samarinda, Depot BBM Berau dan Pendingin. Selain itu kami juga memiliki 2 unit Depot Pengisian Pesawat Udara di Bandara Sepinggan, Balikpapan dan Bandara APT Pranoto, Samarinda serta satu Depot LPG di Balikpapan," tambah Arya.

Baca juga: Pertamina Gelar Lomba Mewarnai dan Membuat Poster

Selain komitmen penyaluran energi, Pertamina Patra Niaga juga berkomitmen dalam pengoptimalan kontribusi daerah berupa Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB).

"PBBKB merupakan salah satu kontribusi Pertamina sebagai upaya membantu pemerintah daerah. Untuk wilayah Kalimantan Timur, hingga Oktober 2022 Pertamina Patra Niaga telah menyetorkan PBBKB senilai Rp 2,202 triliyun. Jumlah tersebut naik 103 persen dari bulan yang sama di Oktober 2021 sebesar Rp 1,085 miliar," tutup Arya.

Jika masyarakat membutuhkan informasi terkait penyaluran BBM, LPG, petrokimia maupun produk turunan lainnya dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau dapat mengunduh aplikasi Mypertamina di Apple Store atau Google Play Store.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved