Tingkatkan Efektivitas Kinerja dan Implementasi Industri 4.0, Pupuk Kaltim Bangun Command Center BOD

Pupuk Kaltim meresmikan Command Center Board of Director guna mendukung kinerja berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Pupuk Kaltim
Pupuk Kaltim saat meresmikan Command Center Board of Director guna mendukung kinerja berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi informasi, Rabu (4/1/2023). 

TRIBUNKALTIM.CO - Tingkatkan kesinambungan implementasi industri 4.0 di lingkungan perusahaan, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) resmikan Command Center Board of Director (BOD) guna mendukung kinerja berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Peresmian dilakukan Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi, didampingi jajaran Direksi dan Dewan Komisaris Pupuk Kaltim beberapa waktu lalu.

Diungkapkan Rahmad Pribadi, command center ini berisi video wall yang menampilkan pantauan live Close Circuit Television (CCTV) di area perusahaan, serta pantauan kinerja di bidang smart operation, smart maintenance dan smart distribution, melalui tampilan Executive Management System beberapa aplikasi yang dimiliki Pupuk Kaltim seperti i-Perform dan DPCS.

"Selain itu, command center nantinya juga berfungsi sebagai live media monitoring langsung seluruh aktivitas bisnis di lingkungan perusahaan secara kontinyu," ujar Rahmad, Rabu (4/1/2023).

Baca juga: Konsisten Terapkan Konsep Ramah Lingkungan, Pelabuhan Pupuk Kaltim Raih Green Port Award 2022

Dijelaskan Rahmad, Pupuk Kaltim sebagai role model dunia industri tanah air dengan predikat National Lighthouse 4.0, memerlukan wadah fasilitas untuk memonitor proses bisnis perusahaan secara realtime guna mendukung peningkatan kinerja secara efektif dan efisien.

Selain juga tempat berdiskusi dan mengambil keputusan secara tepat dan cepat, serta sebagai Decision Support System dalam menjalankan proses bisnis perusahaan.

Dan pembangunan ruang command center ini mampu mengakomodasi seluruh hal tersebut, sebagai bentuk pengembangan implementasi 4.0 yang selama ini telah direalisasikan perusahaan.

Terlebih dengan tantangan yang kian kompleks dan memicu perubahan proses bisnis secara cepat, maka penerapan industri 4.0 menjadi salah satu jawaban bagi Pupuk Kaltim untuk melakukan peningkatan inovasi secara terus menerus di segala aspek.

"Sehingga dari hal ini, Pupuk Kaltim semakin mampu meningkatkan upaya dalam menghadapi berbagai tantangan secara internal maupun eksternal," tutur Rahmad.

Baca juga: Libatkan Karyawan Dukung Community Forest, Pupuk Kaltim Target Tanam 12.000 Pohon di Area Perusahaan

Menurut Rahmad, transformasi industri 4.0 merupakan upaya Pupuk Kaltim untuk memperkuat posisi sebagai pelaku industri terdepan, sekaligus berperan strategis pada pertumbuhan industri petrokimia di Indonesia.

Dari transformasi yang berjalan, Pupuk Kaltim akan terus berupaya meningkatkan daya saing serta menjadi perusahaan unggul yang siap mengatasi segala tantangan industri masa kini.

Hal ini sebagai bentuk dukungan Pupuk Kaltim terhadap roadmap Making Indonesia 4.0, di mana dunia industri didorong bertransformasi ke Industri 4.0 agar mampu menghadapi iklim kompetisi yang semakin ketat, melalui efisiensi dan efektivitas kinerja untuk menjangkau pasar global dengan lebih luas.

Gagasan ini menjadi salah satu fokus Pupuk Kaltim, yang dikembangkan melalui berbagai inovasi dalam meningkatkan efektivitas kinerja di segala lini secara konsisten dan berkesinambungan.

"Dan command center ini menjadi representasi semangat baru dan nilai tambah untuk kemajuan Pupuk Kaltim kedepan, sekaligus menjadi dorongan bagi para pelaku industri tanah air untuk terus meningkatkan implementasi Industri 4.0 di lingkup perusahaan," pungkas Rahmad. (*)

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved