Berita Kubar Terkini

Anggota PPS Pemilu 2024 di Kutai Barat Didominasi Perempuan

Hal itu terlihat dari 582 jumlah anggota PPS yang baru dilantik KPU Kubar tahun ini, 295 atau 50,6 persen diantaranya kaum perempuan

Penulis: Zainul | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Foto bersama usai pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Kutai Barat untuk persiapan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 nanti.TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL 

TRIBUNKALTIM.CO,SENDAWAR- Panitia Pemungutan Suara atau PPS yang bertugas pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang, di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) didominasi kalangan perempuan. 

Hal itu terlihat dari 582 jumlah anggota PPS yang baru dilantik KPU Kubar tahun ini, 295 atau 50,6 persen diantaranya kaum perempuan.

Sedangkan anggota PPS dari kalangan laki-laki berjumlah 287 orang.

Padahal dari persyaratan yang ada, anggota PPS perempuan hanya diambil 30 persen saja dan selebihnya adalah laki-laki.

Baca juga: 582 Anggota PPS Dilantik, KPU Kubar Optimistis Pemilu 2024 Berjalan Sesuai Harapan 

Baca juga: KPU Kukar Lantik 711 Anggota PPS, Ini Kewajiban dan Tugasnya di Pemilu 2024

Ketua KPU Kutai Barat, Arkadius Hanye mengatakan hal ini menunjukan bahwa partisipasi kalangan perempuan sebagai penyelenggara Pemilu juga sudah sangat tinggi dan menjadi hal yang luar biasa.

“Persyaratan yang ada hanya 30 persen keterwakilan perempuan. Jadi ini yang luar biasa dan ini menunjukan bahwa, perempuan tidak hanya tanya kapan diberi kesempatan tetapi sudah bisa ambil bagian," kata Arkadius Hanye, Rabu (25/1).

Terlepas dari hal itu, Arkadius juga meyakini semua PPS yang dilantik memiliki rekam jejak yang baik dan memenuhi syarat sebagai penyelenggara Pemilu.

Baca juga: Tugas Wewenang dan Kewajiban PPS Pemilu 2024: Umumkan Daftar Pemilih Sementara hingga Membentuk KPPS

"Tentunya kami meyakini bahwa seluruh anggota PPS ini sudah berpengalaman dari rekam dan memiliki rekam jejak yang baik," pungkasnya. (*)

 

Sumber: Tribun Kaltim
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved