Berita Nasional Terkini

4 Tokoh Militer yang Layak Jadi Capres, Ada Prabowo, Gatot Nurmantyo, Andika Perkasa, Bagaimana AHY?

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Prabowo Subianto - Gatot Nurmantyo - Andika Perkasa - Agus Harimurti Yudhoyono. Berikut ini 4 tokoh militer yang layak jadi capres dalam Pilpres 2024, ada Prabowo Subianto, Gatot Nurmantyo, Andika Perkasa, bagaimana dengan AHY?

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Berikut ini 4 tokoh militer yang layak jadi capres dalam Pilpres 2024, ada Prabowo Subianto, Gatot Nurmantyo, Andika Perkasa, bagaimana dengan AHY?

Untuk bursa calon presiden ( Capres ) dalam Pemilihan Presiden ( Pilpres ) 2024 mendatang, ada sejumlah nama yang disebut layak maju jadi capres.

Termasuk juga dari kalangan militer.

Menurut M Jamiluddin Ritonga, Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul, ada empat tokoh militer yang layak dicalonkan dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Dari keempat tokoh militer tersebut, satu di antaranya masih aktif. Sementara tiga lainnya sudah pensiun.

"Ada empat tokoh militer yang layak dicalonkan pada pilpres 2024.

Baca juga: Lengkap, Survei Elektabilitas Capres 2024 Versi 5 Lembaga Survei, Ada Litbang Kompas Hingga ARSC

Keempat tokoh TNI itu Prabowo Subianto, Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ), Gatot Nurmantyo, dan Andika Perkasa," ujar Jamiluddin, kepada wartawan, Minggu (23/5/2021).

Jamiluddin berpendapat peluang Prabowo untuk dicalonkan pada Pilpres 2024 sangat besar.

Hal itu mengingat elektabilitas Prabowo selalu menduduki peringkat tiga besar.

"Kalau Prabowo dapat mempertahankan elektabilitasnya hingga mendekati 2024, maka tidak sulit baginya untuk mendapat tiket capres," jelas dia.

Selain itu, peluang mendapat tiket capres semakin besar karena Prabowo juga menjabat Ketua Umum Gerindra.

"Partainya ini setidaknya dapat dijadikannya perahu pada pilpres 2024. Ia tinggal menjajaki satu atau lebih partai agar dapat mengantarkannya menjadi capres 2024," imbuhnya.

AHY pun dinilainya mempunyai peluang besar untuk nyapres pada 2024. Sebab elektabilitasnya belakangan ini selalu berada pada peringkat enam besar.

Jamiluddin percaya apabila AHY lebih inovatif lagi mendekati rakyat, maka elektabilitasnya akan semakin moncer.

"AHY juga punya perahu, yang akan mengantarkannya untuk nyapres pada 2024. Partai Demokrat yang menjadi perahunya, survei terakhir elektabilitasnya sudah menyodok peringkat tiga.

Peluang elektabilitas Partai Demokrat akan meningkat lagi bila tetap konsisten berkoalisi dengan rakyat," ujar Jamiluddin.

Halaman
1234

Berita Terkini