• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 30 Oktober 2014
Tribun Kaltim

Kasus Paldam Disidang di Pengadilan Militer Balikpapan

Rabu, 13 Februari 2013 21:12 WIB
Kasus Paldam Disidang di Pengadilan Militer Balikpapan
tribunkaltim/sarita
Kasus Paldam mulai disidang di Mahkamah Militer Balikpapan
BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Masih ingat dengan peristiwa tewasnya Hartono Lim alias Apin (32), seorang warga sipil di area tertutup Komplek Paldam Km 10, Balikpapan Utara, pertengahan November lalu?  

Peristiwa ini sempat menjadi perhatian publik dengan tanda tanya besar. Selain kawasan tersebut merupakan kawasan tertutup dengan pengamanan  ketat yang tidak bisa dimasuki sembarang orang, kondisi korban saat ditemukan juga sangat mengenaskan.

Saat itu, korban ditemukan meninggal dalam keadaan telanjang, tubuh menelungkup ke tanah, tangan dan kaki terikat tali tambang dengan luka memar kemerahan di sekujur tubuh.

Rabu (13/2/13), kasusnya mulai disidangkan di Pengadilan Militer Balikpapan. Enam tersangka,  Serma Zulnadi, Sertu Rofani, Sertu Suyanto, Sertu Wibowo, Pratu Supriyadi dan Pratu Samingun dihadapkan pada majelis hakim Letkol CHK Slamet Sarwo Edi SH MH sebagai hakim ketua,  Mayor CHK Mulyono SH dan Kapten CHK Nurdin Raham SH sebagai hakim anggota.

Keenamnya dijerat pasal alternatif, yakni alternatif I pasal 170 ayat I KUHP tentang pengeroyokan dan  alternatif ke 2, pasal 351 ayat I KUHP tentang penganiayaan.

Sidang diawali dengan pembacaan dakwaan oleh Oditur Letkol CHK Rahmat Suhatoyo SH MH, dilanjutkan dengan mendengarkan keterangan tiga orang saksi, Serma Romiansyah, Serma Suwito dan Yohama, istri Serma Zulnadi.

"Rumah saya dengan terdakwa Zulnadi berjarak 6 meter. Sekitar pukul 4 dini hari, saya dengar aja Serma Zulnadi seperti berkelahi. Tak lama kemudian saya ditelepon. Kemudian saya ke rumahnya. Di teras rumahnya,  sudah ada pemuda (korban, red) yang diikat dalam keadaan telanjang. Saya tanya kok begini (telanjang)? Dijawab oleh Zulnadi, memang begini dia masuk rumah saya. Kemudian saya masuk, tanya ke istrinya (Zulnadi), kejadian dimana? Kemudian ditunjukkan di sini, dekat ruang tengah," tutur Romiansyah.(*)
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Sumarsono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas