Wisata & Kuliner

Mengesankan, Berwisata di Solo Seraya Naik Railbus

Railbus Solo kembali beroperasi, Rabu (11/3/2015) setelah sempat terhenti tiga tahun lamanya. Railbus ini moda transportasi kebanggaan warga Solo.

Mengesankan, Berwisata di Solo Seraya Naik Railbus
RIAN YULIANTO W
Railbus kebanggaan masyarakat kota Solo, Bathara Kresna, melintas di keramaian kota 

TRIBUNKALTIM.CO -Sebuah railbus (bus rel) kebanggan warga kota Solo, Jawa Tengah, Bathara Kresta, Rabu (11/3/2015) ini kembali beroperasi setelah PT Kereta Api Indonesia (KAI) setempat melakukan evaluasi dan pembenahan.

Kereta yang juga menjadi daya tarik para wisatawan ini akan kembali melayani jalur ke Wonogiri dan Purwosari. Pemberangkatan pagi dimulai pukul 06.00 dari Puwosari ke Wonogiri, dan kembali ke Purwosari pukul 08.00.

Untuk pemberangkatan siang, kereta ini akan berangkat dari Purwosari ke Wonogiri pukul 10.00 WIB dan akan berangkat lagi dari Wonogiri ke Purwosari pukul 12.15 WIB. (Baca juga: Tahap Konstruksi Jalur Kereta Api Kaltim Dimulai 2016)

Salah seorang netizen, Ryan Yulianto, warga Solo, menyambut gembira kembali beroperasinya kereta tersebut. Kereta ini akan berjalan setiap hari melewati sejumlah stasiun singgah di antaranya Solokota, Sukoharjo, Pasarnguter, dan Wonogiri di akhir perjalanan.

Sampai saat ini besarnya tarif yang ditetapkan adalah Rp 4.000,- untuk sekali jalan. Tiket bisa didapatkan di masing-masing stasiun tersebut.

Bus rel Bathara Kresna merupakan proyek kerja sama Pemerintah Kota Surakarta dengan PT KAI, pada saat Kota Surakarta dipimpin oleh Joko Widodo. Bus rel ini adalah bus rel kedua di Indonesia setelah bus rel Kertalaya di Sumatera Selatan.

Bus rel ini diperkenalkan kepada publik pada tanggal 26 Juli 2011, di Surakarta bersama dengan bus bertingkat pariwisata. Bus rel ini mulai beroperasi pada tanggal 5 Agustus 2012 dengan rute Sukoharjo-Solo Purwosari-Yogyakarta Tugu. Karena ada jembatan kereta api yang sedang diperkuat antara Stasiun Pasarnguter-Stasiun Wonogiri, untuk sementara bus rel ini hanya sampai Stasiun Sukoharjo.

Bus rel ini berhenti beroperasi pada sekitar awal tahun 2013 karena rangkaian bus rel yang sering rusak. Bus rel ini dibawa ke pabrik PT Inka di Madiun untuk diperbaiki.

Solo bagi banyak wisatawan sebagai daerah tujuan wisata yang tidak terlewatkan. Di kalangan penyuka makanan enak (para wisata kuliner) pun, Solo dikenal sebagai salah satu kota di Tanah Air yang merupakan “gudang”-nya makanan lezat.

Berbagai makanan minuman maupun jajanan yang khas dapat dengan mudah dijumpai di Solo. Anda akan dimanjakan oleh keanekaragaman makanan yang tersebar di berbagai sudut kota ini, yang menyajikan cita rasa khas dan eksotis yang langka dijumpai di tempat lain.

Nasi Liwet salah satunya. Nasi liwet merupakan makanan khas Solo yang paling terkenal. Beras yang di masak dengan kaldu ayam yang membuat nasi terasa gurig dan beraroma lezat.

Nasi tersebut dicampur dengan sayur labu siam yang dimasak sedikit pedas, telur pindang rebus, daging ayam suwir, kumut (terbuat dari kuah santan yang dikentalkan). Disajikan dengan daun pisang yang dipincuk. Nasi Liwet bisa di dapatkan di Warung Nasi Liwet Wongso Lemu Keprabon yang buka mulai jam 18.00 WIB.(*)

Penulis: Achmad Bintoro
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved