Destinasi

Selain Pohon Agathis Terbesar di Asia, Air Terjun di Penajam Ini Juga Menarik Banyak Wisatawan

Ternyata Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Kaliamntan Timur memiliki wisata tersembunyi yang belum banyak diketahui

Selain Pohon Agathis Terbesar di Asia, Air Terjun di Penajam Ini Juga Menarik Banyak Wisatawan
TRIBUNKALTIM.CO/SITI ZUBAIDAH
Air Terjun Tembinus baru dibuka tiga bulan lalu. Tapi sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan. Terletak di sekitar lokasi PT ITCI Hutan Manunggal (IHM) Sector Trunen, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, 60 kilometer dari pelabuhan ITCI Kenangan. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Panas terik matahari mengantarkan perjalanan rombongan Dinas Parwisata Provinsi Kaltim dan Kabupaten Penajam Paser Utara menuju lokasi pohon terbesar dan tertinggi di Asia, yaitu pohon Agahtis yang berada di kawasan Hutan Perusahaan PT ITCI Kenangan.

Ternyata Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU) memiliki wisata tersembunyi yang belum banyak orang mengetahui.

Di antaranya air terjun Tembinus setinggi sekitar 20 meter dan pohon Agathis (Agathis Borneensis) terbesar dan tertinggi di Asia.

Baca: Ini Dia Pohon Agathis di Sepaku yang Jadi Ikon Wisata PPU, Usianya sudah Ratusan Tahun Lho. . .

Jalan terjal dan penuh debu terbayar saat sampai di kawasan hutan ITCI Kenagan, pepohonan teduh, rindang dan angin sepoi-sepoi menghilangkan rasa cape selama perjalanan. Untuk sampai ke Pohon Agathis raksasa, cukup berjalan kaki sekitar 10 menit dari Pos Trunen.

Pohon Agathis yang sudah berumur kurang lebih 200 tahun lebih tersebut menjadi objek wisata yang kini akan dikembangkan Dinas Pariwisata PPU. Berawal viral di media sosial, pohon Agathis yang rindang ini mempunyai dara tarik tersendiri.

Kepala Disbudpar PPU Tita Deritayati serta staf mencoba merangkul dengan tangan mereka untuk mengetahui seberapa besar pohon Agathis raksasa ini. Pohon ini berusia lebih dari 200 tahun dan tumbuh di kawasan hutan ITCI Kenangan di Maridan, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.
Kepala Disbudpar PPU Tita Deritayati serta staf mencoba merangkul dengan tangan mereka untuk mengetahui seberapa besar pohon Agathis raksasa ini. Pohon ini berusia lebih dari 200 tahun dan tumbuh di kawasan hutan ITCI Kenangan di Maridan, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. (tribunkaltim.co/samir paturusi)

Pencinta alam dan penyuka jalan offroad bisa mencoba mengunjungi pohon Agathis. Dalam perjalanan jangan lupa membawa snack dan makanan ringan serta air putih.

Selama perjalanan menuju wisata tersebut hanya melihat hutan belantaran, dan aktivitas truk serta karyawan perusahaan.

Baca: Tak Ingin Kapal Kayu Hanya Jadi Legenda Mahakam, Kini Wisata Sungai Kian Bergeliat

"Berdasarkan catatan sekarang pohon Agahtis terbesar di Asia yang berada di kawasan PT ITCI, yang memiliki luasan lahan 606.000 hektar. Mengapa kita harus pelihara dan sayangi karena pohon merupakan simbol kehidupan," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Syafruddin Pernyata.

Halaman
123
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help