TribunKaltim/

Atasi Persoalan Elpiji 3 Kg, DPRD Sarankan Data Pelanggan

Kuncinya agen mendata pelanggan tetap. Setiap beli, contreng! Itu akan meminimalisir pengecer yang menjual di atas HET yang ditetapkan

Atasi Persoalan Elpiji 3 Kg, DPRD Sarankan Data Pelanggan
tribunkaltim.co/niko ruru
Tumpukan elpiji tabung 3 kilogram di salah satu agen di Kecamatan Nunukan. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

TRIBUNKALTIM.CO,NUNUKAN - Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Nunukan, Muhammad Nasir menyarankan agar setiap agen elpiji tabung 3 kilogram mendata pelanggan tetapnya.

Hal ini untuk mengatasi banyaknya pengecer illegal yang menjual elpiji tabung 3 kilogram di atas harga yang telah ditetapkan pemerintah.

"Kuncinya agen mendata pelanggan tetap. Setiap beli, contreng! Itu akan meminimalisir pengecer yang menjual di atas HET yang ditetapkan,"ujarnya, Selasa (9/5/2017).

Dia menyebutkan, setiap agen harus memiliki pelanggan tetap. Sehingga jatah elpiji tabung 3 kilogram yang disalurkan melalui pangkalan, hanya dijual untuk para pelanggan tetap.

Baca: Tiga Tersangka Kasus Pungli Elpiji Pertamina tak Ditahan

Baca: Ini Alasan Agen Minta Harga Elpiji Melon Naik

“Demikian juga ketika gas telah sampai ke tangan pengecer, pola yang sama yaitu memiliki pelanggan tetap. Itu harus menjadi laporan mereka,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Dengan cara seperti ini, agen juga ditegaskan harus menolak pembelian elpiji subsidi dari yang bukan pelanggan tetap.

Nasir optimistis, jika cara ini dipraktekkan, harga elpiji tabung 3 kilogram akan terkendali. Dengan begitu, kuota elpiji tabung 3 kilogram untuk Kabupaten Nunukan akan terdistribusi tepat sasaran.

"Kalau sudah begitu, banyak tong kosong masuk atau urusan lain tidak pengaruh. Kan semua terdata? Semua bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Niko Ruru
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help