TribunKaltim/

Gampang Banget, Kini Daftar JKN-KIS Bisa Lewat Telepon

Cukup dengan menghubungi 1500-400, calon peserta mandiri bisa melakukan pendaftaran via telepon.

Gampang Banget, Kini Daftar JKN-KIS Bisa Lewat Telepon
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD AFRIDHO SEPTIAN
Dr Johana (tengah) didampingi jajaran KCU BPJS Kesehatan Samarinda, Senin (15/5/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kini calon peserta tak perlu mengantri panjang di kantor BPJS Kesehatan.

Cukup dengan menghubungi 1500-400, calon peserta mandiri bisa melakukan pendaftaran via telepon.

"Salah satunya adalah pendaftaran peserta mandiri dan peserta Bukan Pekerja. Peserta juga dapat melakukan perbaikan atau perubahan data kepesertaan untuk nama, tempat dan tanggal lahir, nomor KK, NIK, alamat, sampai kelas rawat dan fasilitas kesehatan tingkat pertama," sebut dr Johana selaku kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Samarinda.

Adapun yang perlu dipersiapkan calon peserta sebelum mendaftar melalui Care Center 1500-400 antara lain seperti nomor KK, NIK, nomor rekening tabungan, nomor ponsel, alamat domisili, dan alamat email.

Calon peserta akan dilayani oleh agen Care Center dan rekaman pembicaraan antara calon peserta akan menjadi bukti pendaftaran.

Setelah pendaftaran selesai, nomor virtual account (VA) akan dikirim ke ponsel atau email calon peserta.

Setelah itu peserta wajib membayar iuran pertama dalam jangka waktu paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan.

Sejak pembayaran tersebut langsung aktif dan BPJS Kesehatan akan mengirimkan kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang telah diinformasikan peserta.

"Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kepuasan kepada peserta yang juga menjadi salah satu fokus utama BPJS Kesehatan di tahun 2017. BPJS Kesehatan terus mengembangkan berbagai terobosan dan inovasi serta meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan," ujarnya lagi. (*)

Penulis: Muhammad Afridho Septian
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help