TribunKaltim/

Ramadhan

Ramadhan Sisa 5 Malam Lagi, Ayo Perbanyak Shalat, Baca Al Quran, dan Bersedekah

Bulan Ramadhan sudah memasuki fase akhir tepatnya sisa 5 hari lagi dan hendaknya setiap umat Islam memperbanyak ibadah.

Ramadhan Sisa 5 Malam Lagi, Ayo Perbanyak Shalat, Baca Al Quran, dan Bersedekah
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HP
Pimpinan Pondok Pesantren Ihya Ulumiddin, Ustad Bachtiar Yunus menyampaikan tausiah perbanyak ibadah di akhir Ramadhan di hadapan Kapolresta, Wakapolresta serta jajarannya saat Kultum setelah dzuhur di Masjid Polresta Jalan Selamet Riyadi Sungai Kunjang Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (19/6/2017). 

TRIBUNKLATIM.CO, SAMARINDA - Bulan Ramadhan sudah memasuki fase akhir tepatnya sisa 5 hari lagi dan hendaknya setiap umat Islam memperbanyak ibadah.

Hal tersebut diutarakan Ustadz Bachtiar Yunus, yang merupakan pimpinan Pondok Pesantren Ihya Ulumiddin Samarinda saat mengisi tausiyah Kultum setelah dzuhur di Masjid Polresta Jalan Slamet Riyadi Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda, pukul 12.35 WITA, Senin (19/6/2017).

"Bapak dan ibu mau meraih malam kemuliaan Lailatul Qadar? Sangat dianjurkan 10 malam terakhir sesuai Hadist Aisyah RA Rasulullah saat 10 malam terakhir mengencangkan ikat pinggang artinya beliau mengurangi makan, tidak sering berkumpul dengan istri untuk beritikaf mengisinya dengan membaca Quran, dan mengajarkan pada orang lain atau mendakwahkannya," ujarnya menyapa jemaah shalat dzuhur yang hadir. 

Di antaranya Kapolresta Kompespol Reza Arief Dewanto, Wakpolresta AKBP Vendra Rifianto sejumlah anggota satuan Polresta yang memenuhi masjid.

Ustad Bachtiar Yunus menekankan 3 hal ibadah yang bisa digiatkan guna meraih malam kemuliaan Lailatul Qadar adalah membaca Al Quran, perbanyak shalat, dan perbanyak bersedekah.

"Sesunggunya Al Quran adalah petunjuk bagi seluruh manusia, petunjuk jalan terang. Kalau galau, atau gelisah Al Quran dibaca apalagi sejak 10 malam terakhir. Kemudian dirikan shalat, yang wajib cukup 5 saja shalatnya sedangkan sunnah ditambahkan mulai shalat tahajud shalat Dhuha, tarawih, dan berzikir menyebut kalimat tasbih," katanya.

Dia menambahkan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Katakanlah Subhanallah, walhamdulillah, walaa Ilaaha illallah, wallahu akbar, maka akan ditanamkan bagimu satu pohon di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 3807. Dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam shahiih Ibnu Majah (2/320, no. 3069).

Ustad Bachtiar melanjutkan ibadah yang diutamakan di 10 malam terakhir adalah memperbanyak infak dan sedekah.

"Ada kalanya boleh sedekah terang-terangan untuk memancing orang lain bersedekah dan ada kalanya sedekah sembunyi-sembunyi supaya niatnya tidak pamer. Sedekah Tidak akan mengurangi harta. Ingat di bulan Ramadhan malaikat mendoakan kabulkanlah permintaan doa orang yang sedekah, kemudian malaikat juga mendoakan binasakan hartanya bagi yang enggan bersedekah," imbaunya. (*)

Penulis: Nevrianto
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help