TribunKaltim/

Darurat Narkoba

Wow. . . Ada Bilik Bercinta untuk Pecandu Narkoba, Harus Bayar Berapa?

Balai rehabilitasi BNN Tanah Merah menegaskan, perawatan rehabilitasi tidak dipungut biaya alias gratis.

Wow. . . Ada Bilik Bercinta untuk Pecandu Narkoba, Harus Bayar Berapa?
TRIBUN KALTIM/CHRISTOPER DESMAWANGGA
Ilustrasi - Mantan pecandu narkoba yang kini sembuh setelah berusaha menghindar dari obat-obatan terlarang itu. 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Balai rehabilitasi BNN Tanah Merah menegaskan, perawatan rehabilitasi tidak dipungut biaya alias gratis.

Hal itu ditegaskan pembina mental balai rehabilitasi BNN Tanah Merah, Hanif Ansori, pasalnya masih banyak yang beranggapan rehabilitasi dipungut biaya.

"Kita ini langsung dibawah BNN pusat, anggarannya pun pusat. Dan, tidak dipungut biaya perawatan di sini," tuturnya, Rabu (16/8/2017).

Baca: Inilah 18 Pemain Persiba yang akan Tanding Melawan Arema

Lanjut dia menjelaskan, selama menjalani perawatan, semua fasilitas dan kebetuhan makan sehari-hari residen ditanggung oleh pemerintah.

"Keperluan pribadi saja yang harus dipenuhi sendiri oleh residen, seperti perlengkapan mandi, karena kita hanya sediakan bulan pertama saja," tuturnya.

Selain itu, perawatan rehabilitasi tidak seperti yang dibayangkan, seperti penjara.

Anggapan tersebut disangkalnya, karena di balai rehab tidak seperti itu, bahkan area balai rehab dibuat seperti lingkungan rumah.

Baca: Selain Pelaku Bom Panci, 2 Orang Ini Disebut juga Penyokong Dana Aksi Terorisme

"Paling cepat keluar 4 bulan, dan paling lama 6 bulan sudah keluar dari sini. Dan, di sini bukan tahanan. Bahkan, kita siapkan bilik khusus kalau ada residen yang ingin berhubungan badan dengan pasangan suami istrinya," ucapnya.

Pihaknya pun menyarankan agar keluarga pecandu yang masih belum mengantarkan keluarganya, untuk dapat mengantarkan keluarganya guna menjalani rehabilitasi.

"Kalau residen hasil tangkapan polisi atau BNN, setelah dari sini, akan kami kembalikan lagi. Kalau yang serahkan sendiri ke sini, kami taruh di rumah damping untuk dapat keterampilan," ucapnya.

Baca: Kesal, Fans di Korea Minta Ariana Grande Jangan Kembali Lagi

"Kita maksimal lakukan perawatan 2 kali saja terhadap residen yang sama. Kita tidak bisa terima lagi kalau lebih dari itu," tutupnya. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help