TribunKaltim/

Tes CPNS Kaltara, Baru Dua Pendaftar Serahkan Berkas Fisik

Pendaftaran online dan penyerahan berkas pendaftaran ke BKD Kalimantan Utara dibuka tanggal 11-25 September

Tes CPNS Kaltara, Baru Dua Pendaftar Serahkan Berkas Fisik
tribunkaltim.co/muhammad arfan
Suasana ujian sistem computer based test (CBT) para pelamar CPNS Pemprov Kaltara di laboratorium CAT, Tanjung Selor, Kalimantan Utara, Agustus 2014 lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Jumlah calon pelamar CPNS di Pemprov Kalimantan Utara yang menyerahkan berkas persyaratan seleksi termasuk print out asli tanda bukti pendaftaran online dan dokumen lamaran lengkap, hingga siang kemarin (12/9/2017), masih sangat minim, hanya 2 orang.

Padahal penelusuran terakhir tim seleksi, sudah sekitar 600 akun yang melakukan registrasi dalam penerimaan CPNS di Pemprov Kalimantan Utara.

Kondisi ini diperkirakan ditengarai banyaknya calon pelamar yang mengalami masalah saat melakukan registrasi secara daring.

Sejumlah pelamar mengeluhkan tidak terbacanya Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) di portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalimantan Utara Muhammad Ishak pun enggan berkomentar terlalu jauh soal ini. Menurutnya, secara teknis masalah tersebut di luar jangkauan BKD Kalimantan Utara.

"Seharusnya sudah antisipasi itu. Yang tahu teknis perubahan dalam Nomor Induk Kependudukan misalnya dari Kaltim ke Kaltara, Dinas Capil yang tahu," kata Ishak kepada Tribun, Selasa (12/9/2017) di ruang kerjanya.

"Akan tetapi kemarin tetap kita libatkan Dinas Capil dan kita masukkan sebagai tim verifikator. Setidaknya kalau mungkin ada masalah, calon pelamar akan diarahkan ke mana," tambahnya.

Masih kurangnya calon pelamar yang menyerahkan berkas pendaftaran fisik juga disinyalir masih banyak pelamar yang tengah menyiapkan berkas persyaratan. Termasuk upaya calon pelamar mendaftar daring sebelum menyerah berkas persyaratan fisik ke panitia seleksi di BKD Kalimantan Utara.

Pendaftaran online dan penyerahan berkas pendaftaran ke BKD Kalimantan Utara dibuka tanggal 11-25 September nanti. Itu artinya masih ada dua pekan waktu yang tersedia.

"Kami prediksikan penyerahan berkas fisik akan membludak pada H-7. Kami memang sudah siapkan tim verifikasi dari lintas instansi pemprov. Termasuk besok dua orang dari Kanreg BKN Banjarmasin ikut bergabung bersama kami," ujarnya.

Penyerahan berkas fisik dibuka setiap hari dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 sore. Ishak menegaskan, penyerahan berkas tidak boleh diwakilkan alias harus pelamar yang bersangkutan yang menyerahkan berkas kepada petugas tim seleksi yang menunggu di loket.

"Yang bersangkutan wajib ke sini. Tidak ada lagi pakai jasa pengiriman seperti tahun 2014 lalu. Kalau ada si calon pelamar itu kan mudah menginformasikan jika misal berkasnya kurang lengkap," ujarnya.

Hasil seleksi administrasi akan diumumkan BKD pada 30 September. Kemudian dilanjutkan proses pencetakan nomor ujian secara daring pada tanggal 2-6 Oktober.

"Kalau tidak lulus seleksi administrasi, pastinya tidak bisa ikut ke tahap seleksi berikutnya yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)," kata Ishak. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help