TribunKaltim/

Akses Internet Gratis Sama Sekali Tidak Ada, Puluhan Plang Hotspot Wifi Gratis hanya Pajangan

akses internet gratis ini mulai di-launching sejak tahun 2015 lalu, kala Kabupaten Bulungan masih dipimpin Bupati Budiman Arifin

Akses Internet Gratis Sama Sekali Tidak Ada, Puluhan Plang Hotspot Wifi Gratis hanya Pajangan
Tribun Kaltim/Doan Pardede
Salah satu plang hotspot terpasang di Tugu Cinta Damai, Jalan Katamso, Tanjung Selor, Rabu (11/10/2017). Tapi sayangnya, di lokasi ini tidak ada akses internet gratis 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Sejumlah hotspot wifi atau wilayah akses internet gratis yang ada di Ibu Kota Provinsi Kaltara, Tanjung Selor, kini tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Walau masih terpasang plang pemberitahuan hotspot area di beberapa titik, akses internet gratis sama sekali tidak ada.

Salah satunya ada di seputaran Tugu Cinta Damai (TCD) tepatnya di persimpangan Jalan Katamso - Jalan Sengkawit, Tanjung Selor. Titik ini kerap didatangi warga yang ingin berolahraga atau sekadar berfoto dengan latar belakangan TCD, yang menjadi salah satu ikon Tanjung Selor.

Untuk diketahui, akses internet gratis ini mulai di-launching sejak tahun 2015 lalu, kala Kabupaten Bulungan masih dipimpin Bupati Budiman Arifin. Dulu ada di 22 lokasi dengan 64 hotspot yang terpasang dan bisa dinikmati masyarakat umum. Bahkan di Taman Tepian Sungai Kayan dan Tugu Cinta Damai dipasang sebanyak 10 hotspot.

Akses internet gratis ini merupakan bagian dari program Smart City yang kala itu mulai diterapkan di Kabupaten Bulungan. Program ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dari berbagai kalangan, baik pelajar maupun umum untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat.

Kepala Seksi (Kasi) Layanan Sistem Komunikasi dan Informatika, Arbain ketika dikonfirmasi, Rabu (11/10/2017) mengakui bahwa ada 20 hotspot yang sudah diputus. Alasannya, anggaran yang tersedia tidak cukup untuk memperpanjang kontrak seperti yang sebelumnya dilakukan.

Untuk tahun 2017 ini, jumlah hotspot yang ditiadakan mencapai 20 titik, dan anggaran yang tersedia hanya mampu untuk 44 hotspot yang tersebar di 21 titik. "Anggaran kita berkurang. Kita menyesuiakan saja. Fasilitas umum tetap kita upayakan dapat," jelasnya.(*)

boks aja
MASIH TERSEDIA INTERNET GRATIS
* Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika
* Pelabuhan Kayan I, II, III, IV
* Pelabuhan VIP
* Ruang tunggu poli dan ruang VIP RSUD
* Bandara Tanjung Harapan
* Rumah jabatan Bupati
* Rumah jabatan Wakil Bupati
* Rumah jabatan Sekda
* SMKN 1 dan SMKN 2 Tanjung Selor
* SMAN 1 Tanjung Selor
* MAN Tanjung Selor
* SMPN 1 dan SMPN 2 Tanjung Selor
* Puskesmas Tanjung Selor
* Universitas Kaltara
* STIE Bulungan-Tarakan
* Pasar Induk
* Kulteka
* Madrasah Tsnawiyah Negeri
* Lapangan Ahmad Yani. (*)

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help