TribunKaltim/

Edisi Cetak Tribun Kaltim

Kejar Penerbitan Sertifikat Gratis, Pegawai BPN Kerja hingga Malam

Target yang cukup tinggi dan waktu yang terbatas, membuat seluruh pegawai BPN mulai staf hingga pejabat bekerja ekstra

Kejar Penerbitan Sertifikat Gratis, Pegawai BPN Kerja hingga Malam
Tribun Kaltim

TRIBUNKALTIM.CO - Demi mencapai target pendataan dan proses sertifikasi bidang tanah pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), pegawai Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Balikpapan bekerja siang malam.

"Bahkan, di hari Minggu pun kami tetap bekerja. Ada yang mengerjakan pekerjaan di kantor sampai malam, ada juga yang membawa pulang berkas untuk dikerjakan di rumah," kata Kepala Kantor BPN Balikpapan, Didik Restu saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/11) pagi.

Baca: Kaum Hawa Makin Terpotek, Kenalkan Ini Pacar Daniel Darryan, Si Paspampres Ganteng Itu

Target yang cukup tinggi dan waktu yang terbatas, membuat seluruh pegawai BPN mulai staf hingga pejabat bekerja ekstra. Semua tenaga dilibatkan, bahkan BPN Balikpapan memberdayakan kembali beberapa pensiunan untuk membantu menyelesaikan program PTSL ini yang ditarget waktu selesai akhir tahun ini.

"Kami juga dibantu adik-adik SMK yang melaksanakan praktik kerja di kantor kami. Mereka sangat membantu," kata Didik.

Baca: Sudah Tidur dengan Lebih 10 Ribu Lelaki, Wanita Ini Buka-bukaan Tentang Pengalamannya

Program PTSL ini adalah program Pemerintahan Jokowi yang bertujuan untuk mempercepat terwujudnya pendaftaran tanah di seluruh wilayah Indonesia, sesuai dengan amanat undang-undang nomor 5 tahun 190 pasal 19 ayat 1. Pendataan tanah ini juga bertujuan untuk mewujudkan data tanah yang terintegrasi dalam program satu peta yang dicanangkan pemerintah.

Di Balikpapan, tahun 2017 program PTSL ini menargetkan 5.200 bidang terdata dan bersertifikasi.

Program ini meliputi wilayah di 7 kelurahan pada 3 kecamatan. Kecamatan Balikpapan Utara yaitu Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Gunung Samarinda, dan Graha. Kecamatan Balikpapan Selatan yaitu Kelurahan Sepinggan dan Sepinggan Baru. Kemudian Kecamatan Balikpapan Tengah adalah Kelurahan Karang Rejo dan Sumber Rejo.

Tahap pertama ada 700 bidang yang sudah diukur dan dikumpulkan data yuridis di bulan April, kemudian 4.500 bidang dimulai bulan agustus dan ditargetkan selesai akhir tahun.

Halaman
123
Penulis: tribunkaltim
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help