Edisi Cetak Tribun Kaltim

Siap-siap, Mulai Tahun Ini UN SMA/SMK Gunakan Soal Esai

Perubahan soal UN khusus Matematika disebut Simon sudah diberitahukan kepada kepala sekolah se Kaltim, khususnya Kepsek SMA/SMK

Siap-siap, Mulai Tahun Ini UN SMA/SMK Gunakan Soal Esai
Tribun Kaltim

TRIBUNKALTIM.CO - Ujian Nasional (UN) 2018 tingkat SMA dan SMK yang dilaksanakan bulan April 2018 agak berbeda dengan UN tahun sebelumnya. Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mulai tahun ini, soal UN untuk SMA/SMK tidak hanya pilihan ganda. Ada soal ujian esai.

Hal itu dikemukakan Simon Tarigan, Kepala Seksi Ketenagaan Dinas Pendidikan Kaltim kepada Tribun, Jumat (29/12).

"Untuk sementara, soal esai hanya soal UN pelajaran Matematika. Sementara dua pelajaran lainnya belum. Penerapan ujian esai ini sesuai arahan Kemendikbud, dan mulai berlaku mulai tahun ajaran 2018," kata Simon.

Karena model soal esai ini baru, rencananya akan disimulasikan ke sekolah. Yang paling diperhatikan dan proses adalah bagaimana komputer bisa membaca hasil jawaban siswa. Ini yang masih jadi perhatian ke depan. Itulah mengapa baru soal UN Matematika saja yang diujicobakan. Itu semua akan disimulasikan di sekolah.
Bagaimana teknis soal esai dalam UN SMA/SMK tersebut, hingga sampai saat ini belum diketahui pembagian soalnya.

Baca: Vicky Prasetyo Sudah Sipkan Tempat Resepsi Pernikahan dengan Angel Lelga

"Mungkin ada kolom kotak/bulat (pilihan ganda), dan ada juga yang diketik dengan komputer Kami juga belum tahu bentuknya bagaimana. Yang pasti rencana ini untuk SMA/SMK," ujarnya.

Pertimbangannya digunakan esai, karena ada perkembangan teknologi. Apakah nanti dalam bentuk rumus atau bagaimana, nanti dilihat ketika dilakukan simulasi. Berapa soal pembagiannya untuk pilihan ganda dan esai juga masih belum diketahui.

Perubahan soal UN khusus Matematika disebut Simon sudah diberitahukan kepada kepala sekolah se Kaltim, khususnya Kepsek SMA/SMK.

"Sudah. Kan kami miliki grup WA dengan kepala sekolah. Makanya, semua akan diketahui jika ada simulasi UNBK," ucapnya.

Baca: Cara Ampuh Atasi Sariawan Mudah dan Alami Tanpa Rasa Perih

Halaman
123
Penulis: tribunkaltim
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help