Belum Setahun Siring Sudah Ambruk Warga Nunukan Protes

Warga Desa Binusan, Kecamatan Nunukan memprotes pekerjaan siring yang sudah ambruk di lokasi wisata air terjun. Padahal proyek belum setahun

Belum Setahun Siring Sudah Ambruk Warga Nunukan Protes
TRIBUN KALTIM / NIKO RURU
Adam di lokasi proyek siring yang ambruk di Desa Binusan, Kecamatan Nunukan. 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Warga Desa Binusan, Kecamatan Nunukan memprotes pekerjaan siring yang sudah ambruk di lokasi wisata air terjun. Padahal proyek tersebut belum berusia setahun.

"Padahal saya selesai ikut membangun ini bulan November 2017. Sebagian pekerja juga belum dibayar," kata Adam Tulai, salah satu penduduk setempat, Kamis (11/1/2018).

Proyek dengan kontrak senilai Rp 747.127.900 dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Nunukan 2017 ini terkesan ditinggalkan begitu saja. Pohon-pohon tumbang tergeletak tanpa dipedulikan.

Adam mengatakan, bentuk siring saja sudah salah. "Kalau mau usianya panjang seharusnya siring dibuat miring, bentuk segitiga terbalik. Sehingga lebih kokoh menahan tanah," ujarnya.

Dia malah menemukan tidak ada penggalian untuk pembuatan pondasi. Hanya sedikit lubang untuk meletakkan besi dasar yang langsung dicor beton. Sehingga, kata dia, tidak heran jika proyek tersebut langsung ambruk saat hujan terus menerus.

"Inilah kalau maunya cepat selesai, tidak mau lihat kualitas. Yang rugi pemerintah. Kalau begini kan siapa mau pakai lagi itu kontraktor?" katanya.

Kegiatan peningkatan pembangunan sarana prasarana pariwisata di Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Nunukan ini dikerjakan CV Indo Karya Persada dengan nomor kontrak : 027/034/SPP-PPSPP.APBd/PPK/dISPARPORA-II/VI/2017.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Nunukan, Syafaruddin enggan memberikan komentar saat ditanyai pekerjaan tersebut. "Sudahlah! Kan sudah tahu juga. Kalau memang begitu mau diapa lagi?" ujarnya. (*)

Penulis: Niko Ruru
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help