Dubes RTT Xiao Terkesan Potensi Kaltara, Gubernur Irianto Tawarkan Jembatan Bulan

Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk Indonesia, Mr Xiao Qian menuturkan, Provinsi Kaltara memiliki banyak potensi

Dubes RTT Xiao Terkesan Potensi Kaltara, Gubernur Irianto Tawarkan Jembatan Bulan
IST
Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie memberikan penjelasan kepada Dubes RRT untuk Indonesia Mr Xiao Qian soal perputaran roda ekonomi Kaltara, Kamis (1/3). 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Duta Besar (Dubes) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk Indonesia, Mr Xiao Qian menuturkan, Provinsi Kalimantan Utara memiliki banyak potensi investasi yang dapat direalisasikan. Berdasarkan pemaparan Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, peluang itu terlihat sangat realistis untuk direalisasikan.

"Meski ini kunjungan pertama saya ke Kaltara semenjak dijadikan Dubes di Indonesia, tapi gambaran yang disajikan Gubernur sudah sangat mewakili apa yang kita inginkan," kata Xiao pada pertemuan dengan jajaran Pemprov Kaltara di Swiss-Belhotel Tarakan, Kamis (1/3).

Gambaran tersebut, kata Xiao, tak jauh dari realita singkat yang diperoleh dari sejumlah informasi yang digalinya.

"Kaltara bersama Sumatera Utara dan Sulawesi Utara merupakan tiga provinsi yang menjadi basis pengembangan koridor ekonomi komprehensif sebagaimana kesepakatan yang dijalin pemerintah kedua negara melalui Presiden RI Joko Widodo dan Presiden RRT Xi Jinping. Jadi, pasti prospek yang ditawarkan cukup menarik," jelasnya.

Baca: Tarian Mandarin dan Papua Hibur Peserta Lomba Mewarnai yang Digelar SD Tunas Budi Luhur Balikpapan

Xiao juga menyebut bahwa hasil dari kunjungan kerjanya kali ini, sangatlah positif. "Sebagaimana tugas dan kemampuan yang saya miliki, saya berkewajiban melaporkan hasil kunjungan kerja ini, termasuk pertukaran pendapat dan informasi dari pertemuan dengan Gubernur Kaltara kepada Pemerintah RRT. Saya kira, laporannya sesuai pemaparan Gubernur, positif, komprehensif, dan produktif. Penyambutannya juga hangat dan baik," papar Xiao.

Xiao berupaya memberikan pemaparan yang positif sehingga dapat membantu terwujudnya harapan Gubernur dan Pemprov Kaltara atas sejumlah peluang investasi yang ditawarkan.

Kemudian, beberapa hal menjadi fokus pemaparan Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie pada Presentation of North Kalimantan's Strategic Projects di Ruang Pertemuan Lantai 2 Swiss-Belhotel Tarakan, seperti soal peluang investasi pada pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

"Pada rencana ini, sudah ada beberapa investor yang serius untuk merealisasikan investasinya. PT KHE (Kayan Hidro Energy) dan PT Sarawak Energy berhad-Kayan Group. Untuk PT KHE yang berinvestasi pada PLTA Kayan, sudah melakukan upaya pengurusan izin 2010. Untuk realisasi PLTA Kayan tahap I-nya, tinggal menunggu izin konstruksi dari Menteri PUPR," kata Irianto.

Baca: Sabtu, Xpress Air Terbang Perdana dari Nunukan

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved