Alamak, Pejabat Desa di Kutim Tercyduk Bawa Sabu

Penyalahgunaan narkotika jenis sabu sudah masuk ke pedesaan di kawasan pesisir, Kabupaten Kutai Timur.

Alamak, Pejabat Desa di Kutim Tercyduk Bawa Sabu
Tribun Kaltim/Margaret Sarita
Dua tersangka pengedar sabu diamankan bersama barang bukti 10 poket sabu serta alat hisap sabu 

Laporan Wartawan TribunKaltim.co, Margaret Sarita

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Penyalahgunaan narkotika jenis sabu sudah masuk ke pedesaan di kawasan pesisir, Kabupaten Kutai Timur.

Untung yang lumayan besar membuat berbagai kalangan gelap mata dan ikut dalam perputaran bisnis haram tersebut. Seperti yang dilakukan Pur (38), salah satu pejabat desa di Kecamatan Sangkulirang dan Jami (25) seorang motoris speedboat. 

Baca: Ya Ampun! Setelah Berjam-jam Operasi Tengkorak Kepala, Dokter Ini Baru Sadar Salah Bedah Pasien

Keduanya tertangkap basah menyimpan narkotika jenis sabu yang sudah dikemas dalam plastik bening siap edar.

“Informasi awalnya, kita dapat dari masyarakat. Katanya banyak terjadi peredara narkoba di Desa Benua Baru Ulu, khususnya narkotika jenis sabu. Kemudian aparat melakukan penyelidikan di lapangan dan berhasil mengamankan Pur, di rumah kontrakannya, Jalan Imam Bonjol Gang Prabu RT 09 Desa Banua Baru, Kecamatan Sangkulirang. Dari rumah Pur, kami menyita tiga poket sabu seberat 2,1 gram, bong dan sendok takar sabu,”  ungkap Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan didampingi Kapolsek Sangkulirang AKP Syamsul Alam, Minggu (4/3).

 Pengungkapan tersangka Pur, menurut Teddy Ristiwan, adalah hasil pengembangan pengungkapan kasus narkotika sebelumnya.

Baca: Ya Ampun! Setelah Berjam-jam Operasi Tengkorak Kepala, Dokter Ini Baru Sadar Salah Bedah Pasien

Yakni beranjak dari tertangkapnya, Jami, motoris speedboat di Pelabuhan Desa Tanjung Manis, sekitar 30 menit sebelum pengungkapan tersangka Pur.

“Jadi, kami sebelumnya mengamankan Jami di pelabuhan Desa Tanjung Manis. Saat itu tersangka Jami baru saja merapat di pelabuhan dan bertemu seseorang,” ungkap Syamsul.

 Saat diamankan, menurut Syamsul, tersangka Pur kepergok menyimpan enam poket sabu seberat 1,97 gram di dalam sebuah kotak rokok yang diselip di saku celana sebelah kiri. Selain sabu ada pula uang sebanyak Rp 2 juta yang diduga merupakan hasil transaksi sabu.

Baca: Wow, Pengguna Telkomsel Dapat Promo Tiket Murah Selama Gelaran Silk Air Travel Fair, Buruan Cusss

 “Saat dimintai keterangan, Pur mengaku mendapat sabu dari Jami yang tinggal di Desa Banua Baru Sangkulirang. Setelah itu, keduanya kami bawa ke Polsek Sangkulirang untuk proses lanjut. Jami maupun Pur dijerat pasal 114 ayat (1) dan atau pasal 112 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009, tentang narkotika,” ungkap Syamsul.

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved