Usai Deklarasi Anti-Hoax, Relawan Berencana Bangun Tempat Pengaduan dan Edukasi Warga

"Supaya menyelematkan korban dan warga lain dari bahaya berita hoax ini," ujar Priyo usai deklarasi, Minggu (11/3/2018).

Usai Deklarasi Anti-Hoax, Relawan Berencana Bangun Tempat Pengaduan dan Edukasi Warga
TRIBUN KALTIM/NALENDRO PRIAMBODO
Deklarasi warga Kota Balikpapan, bersama jurnalis dan warganet menyatakan Kaltim Cinta Damai dan Anti Hoax berlangsung di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Minggu (11/3/2018) 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Nalendro Priambodo

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Usai Deklarasi Kaltim Cinta Damai dan Anti-Hoax, warga Kota Balikpapan bersama jurnalis berbagai media lokal maupun nasional dan warganet, yang berhimpun dalam relawan Anti-Hoax, segera menyusun langkah konkret.

Mereka membentuk tempat pelaporan dan edukasi bagi masyarakat menghadapi pemberitaan bohong yang berpotensi besar memecah belah kehidupan berbangsa dan bernegara ini.

Dijelaskan Priyo Suwarno, relawan anti-hoax mewakili kelompok jurnalis di Balikpapan, nantinya, di tempat pengaduan itu, warga bisa melaporkan pemberitaan hoax yang beredar di media sosial sekaligus wadah pembelajaran partisipatif warga soal kriteria pemberitaan yang benar dan disiplin verifikasi.

Baca: Masyarakat Balikpapan dan Jurnalis Deklarasi Kampanye Anti-Hoax

"Supaya menyelematkan korban dan warga lain dari bahaya berita hoax ini," ujar Priyo usai deklarasi, Minggu (11/3/2018).

Apalagi, berita seperti ini, cendrung lebih mudah penyebarannya, selain kemudahan menggunakan nama akun media sosial milik orang lain untuk tujuan jahat, ditambah minimnya literasi dan standar pemberitaan ala warganet.

Baca: Mendadak Angel Lelga Unggah Foto Tampil Polos Tanpa Riasan, Lebih Cantik Mana?

"Ini bukan membatasi, melainkan eliminasi uanggahan yang digunakan untuk adu domba, apalagi dengan adanya medsos ini, sering dijadikan tempat (penyebar hoax, SARA, fitnah dan ujaran kebencian) untuk bersembunyi dan lepas tangan," katanya.

Baca: Terluas Se-Indonesia, Ragam Koleksi Kebun Raya Balikpapan Punya Segudang Manfaat!

Bersama warganet, pihaknya kini tengah menggodok konsep dan detail utuh kegiatan yang diharapkan mengajak partisipasi warga guna membentengi diri sendiri dari pemberitaan berbau hoax, fitnah, ujaran kebencian dan SARA ini.

"Relawan bisa datang dari individu juga,"ujarnya. (*)

Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved