Warga Samarinda Berharap APT Pranoto jadi Bandara Internasional

Keberadaan Bandara APT Pranoto Samarinda ditanggapi positif para penumpang yang biasa terbang dari Bandara SAMS Kota Balikpapan.

Warga Samarinda Berharap APT Pranoto jadi Bandara Internasional
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Bandara APT Pranoto saat diabadikan beberapa waktu lalu. Akhir bulan ini, test flight penerbangan akan dilakukan di APT Pranoto. 

SAMARINDA, TRIBUN - Keberadaan Bandara APT Pranoto Samarinda ditanggapi positif para penumpang yang biasa terbang dari Bandara SAMS Kota Balikpapan. Penumpang mengaku, keberadaan bandara di Samarinda akan memberikan kemudahan bagi penumpang dalam mendapatkan akses transportasi udara.

Satu di antaranya, Sonny Adiwijaya, pekerja perbankan, mengaku senang kabar Bandara APT Pranoto akan segera beroperasi pada 24 Mei ini. Bagi dia yang sering lakukan naik pesawat di Balikpapan akan semakin memudahkan mobilitasnya.

"Saya sendiri sering pergi liburan atau perjalanan dinas, pilih naik pesawat ke luar Kaltim," ujar warga Samarinda ini kepada Tribunkaltim pada Selasa (10/4) pagi. Pengalaman dia, selama di Kota Samarinda belum ada fasilitas Bandara berskala internasional, merasa kesulitan menderita makan waktu dan energi yang banyak.

"Biasa naik pesawat pagi berarti saya harus berangkat dari rumah jam 3 pagi. Saya harus jalan. Paling cepat perjalanan ke Balikpapan naik mobil travel butuh waktu 3 jam. Sulit kan, harus bangun pagi. Kita pulang kerja lalu harus bangun pagi buta untuk pergi luar dinas. Capek saja," katanya.

Belum lagi, kata dia, bila ada kendala kalau di jalan ada pohon tumbang atau banjir besar, maka perjalanan semakin mengesalkan. Tingkat stress untuk tempuh ke Bandara SAMS Balikpapan selalu menggelayut ketika ada persoalan di jalanan.

"Ada pohon tumbang, jalanan macet. Ada banjir terhalang lagi tidak bisa intasi jalur darat ke Balikpapan risikonya terlambat, ancamannya saya bisa gagal terbang. Yang rugi saya sendiri. Pihak maskapai tidak mau tahu kalau saya kejebak permasalahan di jalan," ujarnya.

Karena itu, ke depan Bandara APT Pranoto harapannya bisa menyediakan penerbangan ke berbagai penjuru daerah nasional maupun internasional. "Supaya kemana-mana enak. Saya suka traveling, keluar kantor langsung pergi ke bandara, bisa langsung terbang ke lokasi tujuan wisata," tegas Sonny.

Senada dengan warga Samarinda lainnya, Muhammad Yamin, eksistensi Bandara APT Pranoto sudah dinantikan, terutama warga yang berada di Samarinda dan sekitaranya. "Saya merasa senang, sudah saya nantikan sejak lama," katanya.

Dia mengaku, adanya Bandara APT Pranoto maka akan tingkatkan efektivitas. "Mau urusan pergi terbang ke luar Kaltim bisa mudah. Tidak perlu lagi harus repot ke luar kota Samarinda, saya bisa mempersingkat waktu," ujar Yamin.

Harapan terbesar, tegas dia, ke depan Bandara APT Pranoto sudah semestinya serupa dengan yang di Bandara SAMS Balikpapan. Dikelola secara profesional berstandar internasional. Bagus mengagumkan, bersih aman dan nyaman.

"Sebagai orang bisnis saya sering gunakan jasa penerbangan. Katakan ke Jakarta tidak harus sampai memakan waktu sampai satu hari. Bisa terbang dari Jakarta langsung tiba di Samarinda, bisa lebih singkat," tutur Yamin. (ilo)

Penulis: tribunkaltim
Editor: Adhinata Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help