Makin Banyak Maskapai Harga Tiket Pasti Turun

Faisal menyatakannya, tidak sedikit masyarakat yang menginginkan hadir banyak maskapai ketimbang satu maskapai melayani

Makin Banyak Maskapai Harga Tiket Pasti Turun
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD ARFAN
Pesawat ATR72 Wings Air menaikkan penumpang di bandara Tanjung Harapan, Tanjung Selor-Bulungan pekan lalu. 

TRIBUN KALTIM.CO, TANJUNG SELOR- Persaingan harga tiket pesawat terbang komersil di Tanjung Seloer belum kompetitif. Ini disebabkan baru satu maskapai yang beroperasi melayani penerbangan dari Tanjung Selor ke Balikpapan.

Bakal masuknya maskapai lain diyakini Kepala Bandara Tanjung Harapan, Faisal, harga tiket bakal murah. Bahkan beberapa hari sebelum maskapai lain terbang perdana, harga tiket semua maskapai dipastikan turun.

"Pasti turun. Misalnya minggu depan saja, kalau sudah pasti misalnya penerbangan perdana Nam Air tanggal 24 Mei, itu pasti berubah (harga tiket). Pun ketika dia masuk sistem Traveloka, pasti Wings turun jadi Rp 600 per seat. Karena ada kompetitor," katanya.

Faisal menyatakannya, tidak sedikit masyarakat yang menginginkan hadir banyak maskapai ketimbang satu maskapai melayani banyak penumpang.

"Misalnya demand 150 penumpang per hari. Itu bisa dipenuhi dua kali oleh satu maskapai. Tetapi itu tidak kompetitif. Tidak terjadi kompetisi di pasar," sebutnya.

Yang terpenting, banyaknya maskapai akan makin memudahkan akses masyarakat keluar masuk dan menyesuaikan jadwal terbang dan tiba di tujuan.

"Misalnya jika ada yang mengejar kegiatan siang hari di Jakarta, bisa start dari sini sekitar pukul 07.45, transit di Balikpapan, itu bisa ngejar Jakarta jam 11.00 siang. Begitu juga sebaliknya yang menuju ke sini," katanya. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help