Selumit Pantai Bakal Dicat Warna-warni Jadi Contoh Kota Bebas Kawasan Kumuh

Semuanya sudah mulai bekerja, sudah ada yang mengecat dinding dan jembatan. Kami targetkan bisa selesai selama tiga minggu

Selumit Pantai Bakal Dicat Warna-warni Jadi Contoh Kota Bebas Kawasan Kumuh
TRIBUN KALTIM/JUNISAH
Plt Walikota Tarakan Khaeruddin Arief Hidayat 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Kota Tarakan merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi percontohan bebas dari kawasan kumuh. Pemkot Tarakan telah memperindah atau mempercantik kawasan kumuh tersebut.

Lokasi yang bebas dari kawasan kumuh adalah Kelurahan Selumit Pantai Kecamatan Tarakan Barat Kota Tarakan Provinsi Kaltara. Tahap awal ini rencananya ada 1.000 rumah warga di Kelurahan Selumit Pantai yang dicat.

Konsep mempercantik dan memperindah kawasan di pesisir ini dengan cara lorong-lorong yang ada di bawah rumah akan ditutup dan ditanami dengan tanaman yang cantik dan indah, sehingga sampah-sampah yang dan di lorong-lorong tidak lagi terlihat.

Dinding-dinding di lorong-lorong gang di kawasan pesisir ini akan dilukis dengan gambar yang cantik dan warna warni. Tentunya ini membuat suasana kawasan itu menjadi lebih indah, nyaman dan bersih. Sehingga tidak lagi terlihat kumuh.

Plt Walikota Tarakan Khaeruddin Arief Hidayat mengungkapkan, karena kondisi keuangan Pemkot Tarakan ini mengalami defisit, sehingga kegiatan mempercantik dan memperindah kawasan ini swadaya masyarakat.

"Karena kita tidak mempunyai anggaran, jadi anggarannya dari swadaya masyarakat. Kami juga nanti meminta kepada setiap kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Tarakan dan teman-teman anggota DPRD masing-masing menyumbang Rp 200 ribu," ucapnya, Senin (21/5/2018) di ruang kerjanya.

Arief mengatakan, kegiatan ini sudah mulai dikerjakan kemarin, Senin (21/5/2018) di bawah koordinasi lurah dan tim yang terdiri dari berbagai latar belakang pekerjaan mulai seniman dan pengusaha.

"Semuanya sudah mulai bekerja, sudah ada yang mengecat dinding dan jembatan. Kami targetkan pekerjaan ini bisa selesai selama tiga minggu atau sebelum Lebaran sudah launching. Jadi nanti pas Lebaran kawasan di Kelurahan Selumit Pantai menjadi indah, karena nanti kita akan pasang lampu-lampu warna warni menghiasi suasana di kawasan tersebut," ujarnya.

Agar pekerjaaan ini cepat selesai, orang nomor dua di Tarakan ini mengimbau kepada seluruh masyarakat Kelurahan Selumit Pantai untuk turut bersama-sama terlibat dalam kegiatan ini. Sehingga kawasan Selumit Pantai menjadi lebih indah dan menarik.

Alasan dipilihnya Kelurahan Selumit Pantai, kata Arief, karena kelurahan ini termasuk salah satu kawasan kumuh di Kota Tarakan. Oleh karena itu, agar kawasan ini tidak lagi kumuh, akhirnya kawasan ini dipercantik dan diperindah. (*)

Penulis: Junisah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help