Pilgub Kaltim 2018

DPT Pilgub Kaltim Bertambah 499 Pemilih

Ketua KPU Kaltim menjelaskan, perubahan jumlah data pemilih hanya terjadi di Kota Balikpapan.

DPT Pilgub Kaltim Bertambah 499 Pemilih
Tribun Kaltim/Doan Pardede
Rapat Pleno Terbuka dalam rangka Perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kaltim tahun 2018 di aula KPUD Kaltim, Jalan Basuki Rahmat, Rabu (13/6/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - KPU Kaltim menggelar Rapat Pleno Terbuka dalam rangka Perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kaltim tahun 2018 di aula KPUD Kaltim, Jalan Basuki Rahmat, Rabu (13/6/2018).

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Kaltim M Taufik, para anggota KPU Kaltim Rudiansyah, Ida Farida Ernada, Viko Januardhy, M Syamsul Hadi, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltim Galeh Akbar Tanjung, perwakilan pasangan calon (paslon), dan para undangan lainnya. 

Dalam Rapat Pleno tersebut, DPT untuk Pilgub Kaltim tahun 2018 yang sebelumnya sudah ditetapkan sebanyak 2.329.657 pemilih pada bulan April 2018 lalu diubah menjadi 2.330.156 pemilih, atau bertambah sebanyak 499 pemilih.

Baca: Hasil Prediksi Komputer, Negara Ini Bakal Jadi Juara Piala Dunia 2018

Ketua KPU Kaltim menjelaskan, perubahan jumlah data pemilih hanya terjadi di Kota Balikpapan. Sementara di Kabupaten/Kota lainnya, jumlah pemilih masih sama seperti DPT yang sudah ditetapkan pada bulan April 2018 tersebut. 

Dijelaskannya lagi, KPU Kaltim sebenarnya telah menetapkan DPT untuk Pilgub Kaltim sesuai tahapan yang sudah dijadwalkan, yakni pada bulan April 2018 lalu. Namun dalam perjalanannya, KPU Kota Balikpapan ternyata menemukan adanya perubahan jumlah data pemilih.

Ada beberapa pemilih yang sebelumnya sudah masuk di Daftar Pemilih Sementara (DPS) tapi tidak ikut masuk ke dalam DPT

"Itu akibat adanya pemilih yang pindah domisili. Kemudian mereka (KPU Balikpapan) bersurat ke kita," katanya 

Baca: Lelah di Perjalanan, Inilah 4 Penyakit yang Sering Mengintai Para Pemudik

Dan karena KPU Balikpapan bersurat setelah DPT ditetapkan, KPU Kaltim harus berkonsultasi ke KPU RI.

Dan arahannya, KPU Kaltim diminta untuk segera menggelar Rapat Pleno terbuka seputar perbaikan DPT tersebut. 

Saat ini, kata M Taufik, KPU Kaltim memang belum menerima data yang sudah diubah, yang sudah dilengkapi dengan nama dan alamat (by name by address) pemilih.

Halaman
12
Penulis: Doan E Pardede
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved