Peredaran Uang Meningkat, Polres Paser Antisipasi Upal

Polres Paser meminta seluruh pimpinan perbankan di Kabupaten Paser untuk antisipasi kemungkinan peredaran uang palsu.

Peredaran Uang Meningkat, Polres Paser Antisipasi Upal
www.lensaindonesia.com
Ilustrasi Uang Palsu 

TANA PASER, TRIBUN - Jelang Lebaran peredaran uang di masyarakat semakin tinggi, salah satunya disebabkan pemberian Tunjangan Ahri Raya (THR), baik dari pemerintah kepada pegawainya maupun dunia usaha kepada karyawannya. Kondisi ini menurut Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra rawan dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, Polres Paser meminta seluruh pimpinan perbankan di Kabupaten Paser untuk antisipasi kemungkinan peredaran uang palsu (upal), mengingat meningkatnya peredaran uang jelang Lebaran, upal merusak kebahagiaan masyarakat yang merayakan Lebaran.

"Kasat Reskrim yang berkoordinasi dengan seluruh pimpinan perbankan untuk mengantisipasi tindak pindana ini. Jangan sampai kebahagiaan masyarakat merayakan Lebaran dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," kata Roy, Rabu (13/6).

Sesuai pesan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, lanjut Roy, beberapa hal yang perlu diwaspadai bersama selama Lebaran. Seperti stabilitas harga dan ketersediaan bahan makanan pokok, kelancaran arus mudik dan arus balik, dan mengupayakan semaksimal mungkin keselamatan berlalu lintas.

Karena memelihara Kamtibmas menjadi kewajiban bersama, yang mudik Lebaran diharapkan meninggalkan rumah dalam kondisi aman, baik dari bahaya kebakaran maupun pencurian. Sebaiknya pamit dengan tetangga sebelum berangkat mudik, sehingga sesekali rumahnya akan ditengok.

"Sebaiknya pamit sebelum berangkat biar tetangga bisa bantu menengok sesekali. Selain itu, kita anjurkan pengguna jalan lebih berhati-hati di jalan. Yang terakhir, antisipasi terorisme, ini perlu ditekankan dan harus diantisipasi," ucapnya.

Disamping partiasipasi masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban melalui Poskamling, tambah Roy, Polres Paser dan Kodim 0904/Tng melakukan patroli Kamtibmas. Cipta kondisi yang tertib dan aman juga dilakukan Bhabinkamtibmas dan Kodim 0904/Tng melalui Bhabinsa di lingkungan desa/kelurahan di Paser. (aas)

Penulis: tribunkaltim
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help