Idul Fitri 2018

Tutup Bulan Ramadan, Harga Ikan Laut di Pasar Pandansari Naik 100 Persen

Harga komoditi ikan di Pasar Pandansari, Kota Balikpapan di jelang akhir masa puasa Ramadan mengalami kenaikan tajam.

Tutup Bulan Ramadan, Harga Ikan Laut di Pasar Pandansari Naik 100 Persen
Tribun Kaltim/Budi Susilo
Lapak jualan ikan laut di Pasar Pandansari, Kota Balikpapan di jelang akhir masa puasa Ramadan mengalami kenaikan tajam, Kamis (14/6/2018) pagi. 

TRIBUNKALTIM.CO BALIKPAPAN - Harga komoditi ikan di Pasar Pandansari, Kota Balikpapan di jelang akhir masa puasa Ramadan mengalami kenaikan tajam.

Pengamatan Tribunkaltim.co pada Kamis (14/6/2018), harga ikan yang ditawarkan pada pedagang di Pasar Pandansari mengalami lonjakan yang sangat fantastis. 

Satu diantaranya, ada pengakuan dari seorang pembeli, harga ikan naik menjadi sekitar Rp 10.000 sampai Rp 25.000.

Baca: Pasar Pandansari Sesak Pembeli, Jalan Raya Dijadikan Lahan Parkir Motor

Saat Tribunkaltim kunjungi satu di antara pedagang ikan, memang benar ada kenaikan harga.

Seperti yang tadinya, empat hari lalu harga ikan sperti cakalang, tuna dan tongkol Rp 20.000 sampai Rp 25.000 per kilogram, sekarang sudah menjadi Rp 50.000 per kilogram.

Sedangkan ikan teri yang tadinya empat hari lalu seharga Rp 10.000 per kilogram, sekarang angkanya sudah menjadi Rp 20.000 per kilogram.

Baca: 6 Laga Berat Menanti Persib Bandung Usai Libur Lebaran, Ini yang Dilakukan Pelatih

Jimy Tindi, seorang pedagang ikan Pasar Pandansari mengaku, harga yang berlaku saat ini merupakan ketentuan dari harga produsen dikarenakan jumlah permintaan semakin meningkat mendekati hari raya Idul Fitri.

Para pembeli banyak yang mengincar lauk-pauk. "Kebutuhan hari raya Idul Fitri banyak orang yang mau gelar syukuran atau open house jadi banyak yang masak-masak," katanya.

Atas kondisi permintaan yang banyak ini, tentu secara hukum ekonomi, setiap barang yang diminati secara besar pasti akan mengalami kenaikan.

Baca: Satu Hari Jelang Lebaran, Harga Ayam di Pasar Pandansari Sampai Rp 180 Ribu per Ekor

"Ini saja para pembeli semakin banyak mendatangi pasar barang dagangan dari pagi dijual bisa cepat terjual habis di sore hari," tutur Jimy.

Hal lainnya yang naik adalah buah semangka yang lima hari lalu awalnya Rp 8.000 per kilogram sekarang per kilogram sudah menjadi Rp10.000.

Penulis: Budi Susilo
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help