Sikapi Bongkar Muat Batu Bara di Laut Manggar, Nelayan Usulkan Geser 2 Mil

Pihak nelayan menuntut agar ada perpindahan aktivitas bongkar muat batu bara supaya lebih menjauh dari wilayah tangkapan nelayan

Sikapi Bongkar Muat Batu Bara di Laut Manggar, Nelayan Usulkan Geser 2 Mil
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Mediasi nelayan dan perusahaan batu bara PT Gunung Bayan di gedung aula TPI Manggar, Jalan Rekreasi Lama, Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Jumat (29/6/2018) pagi. 

TRIBUNKALTIM.CO BALIKPAPAN - Polemik antara nelayan Manggar dan perusahaan batu bara PT Gunung Bayan Pratama Coal masih terus berlanjut, belum ada ujung keputusan.

Pihak nelayan menuntut agar ada perpindahan aktivitas bongkar muat batu bara supaya lebih menjauh dari wilayah tangkapan nelayan tradisional Balikpapan.

Saat Tribunkaltim bersua dengan Sakirang, Koordinator Nelayan Manggar, menuturkan, nelayan merasa terganggu dengan adanya aktivitas bongkar muat perusahaan batu bara di perairan laut Manggar.

Baca: Pemkot Balikpapan akan Berikan Imunisasi Vaksin Rubella Gratis, Catat Tanggalnya

Untuk mencari ikan terhambat, terhalang, tidak leluasa saat melempar jala dan mencari ikan," ujarnya usai mediasi di TPI Manggar, Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim pada Jumat (29/6/2018).

Seluruh nelayan di Manggar mengusulkan kepada perusahaan batu bara PT Gunung Bayan untuk bergerak menjauh dari lokasi yang sekarang ini.

Tapi kata Sakirang, sepertinya mayoritas nelayan Manggar merasa pesimis usulannya tidak akan diterima oleh pihak perusahaan.

"Kayaknya perusahaan tidak akan mau dipindah jauh, akan terasa terjepit mau jauh dari lokasi yang sekarang," ungkapnya.

Baca: Bandara Ngurah Rai Kembali Beroperasi Setelah Sempat Ditutup

Segala hal, apa yang diusulkan para nelayan kepada perusahaan seakan tak dihiraukan, akan dipikir-pikir.

"Perusahaan kayaknya  mau yang di situ saja, mana mau dijauhkan," ujar pria berkumis tebal ini.

Saat ditanya apakah nelayan akan setuju dengan pergeseran aktivitas bongkar muat dari titik yang sekarang ke tempat yang jauh.

Halaman
123
Penulis: Budi Susilo
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved