Kapolda Sesalkan Kecelakaan Speedboat di Sebatik, Bakal Minta Polisi Tawau Lakukan Hal Ini

Substansi yang harus ditegakkan lanjutnya, polisi Malaysia juga harus mematuhi aturan di Indonesia.

Kapolda Sesalkan Kecelakaan Speedboat di Sebatik, Bakal Minta Polisi Tawau Lakukan Hal Ini
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD ARFAN
Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit meninjau Dermaga Kayan II Tanjung Selor didampingi Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kayan II, Juniansyah, baru-baru ini. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Kapolda Kalimantan Utara Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Indrajit menyesalkan masih adanya lalu lalang transportasi air pada malam hari di perairan batas RI-Tawau, yang belakangan menimbulkan kecelakaan yang merenggut lima nyawa penumpang.

Kapolda mengaku akan berkoordinasi dengan kepolisian Malaysia untuk meningkatkan keselamatan perlintasan perairan di lintas batas dua negara bertetangga itu.

Hubungan Nunukan-Tawau kata Kapolda sangat erat sebagai dua daerah dua negara yang banyak pergerakan perlintasan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

"Kita akan koordinasi dengan Polisi Malaysia. Kami juga akan minta Polres Nunukan berkoordinasi dengan Tawau," kata Kapolda, Minggu (1/7/2018) kepada Tribun.

Substansi yang harus ditegakkan lanjutnya, polisi Malaysia juga harus mematuhi aturan di Indonesia.

"Kita akan bilang, aturan kita begini loh. Jangan memberangkatkan speedboat kalau malam hari. Mereka juga harus patuhi itu," katanya.

Kesadaran masyarakat yang sering melintas juga harus ditingkatkan dari segi kepatuhan akan aturan.

Jika diabaikan, kata Kapolda, konsekuensinya misalnya yang terjadi kali ini yaitu kecelakaan transportasi yang menyebabkan timbulnya korban jiwa dan benda.

Adanya kecenderungan masyarakat melalui jalur perlintasan saat malam hari untuk menghindari pemeriksaan petugas Indonesia maupun Malaysia menjadi atensi Kapolda.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved