Edisi Cetak Tribun Kaltim

Masuk Sekolah Negeri Lewat 'Titipan'

Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019 telah usai, namun masih saja persoalan yang mengganjal

Masuk Sekolah Negeri Lewat 'Titipan'
Tribun Kaltim

TRIBUNKALTIM.CO - Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019 telah usai, namun masih saja persoalan yang mengganjal.

Isu ada siswa titipan hingga perpindahan siswa dari sekolah swasta ke negeri masih saja terjadi.

Dewan Pendidikan Kota Balikpapan menerima laporan adanya dugaan ratusan calon siswa di Balikpapan yang belum mendapat sekolah berusaha masuk sekolah negeri.

Mudzakir, Ketua Dewan Pendidikan Kota Balikpapan menjelaskan, beberapa pengelola sekolah swasta mengkhawatirkan Dinas Pendidikan akan memberikan fasilitas bagi calon siswa yang masih belum mendapatkan sekolah bisa masuk sekolah negeri

"Kami semua mengapresiasi atas pelaksanaan PPDB online (daring) sekolah negeri," ungkapnya.

Baca: Ini Wilayah yang Berlaku Perluasan Ganjil Genap Mulai Hari Ini, Pelanggar Langsung Ditilang

Namun yang dikhawatirkan, dari tahun ke tahun, dewan pendidikan melihat ada fenomena pemberian ruang untuk bersekolah di negeri melalui jalur tak resmi.

"Kami melihat akan ada hal yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya, sekolah negeri masih tetap bisa menerima calon siswa yang awalnya tidak lolos masuk melalui jalur PPDB online," ujarnya.

Mengacu kajian Dewan Pendidikan Kota Balikpapan, angkanya diperkirakan mencapai ribuan siswa yang masih terkatung-katung belum menemukan sekolah. Namun, jumlah tersebut dibantah pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan.

Baca: Lima Cara Sederhana Hilangkan Bau Kaki yang Menyengat

Menurut Mudzakir, berdasarkan pengalaman para calon siswa belum mendapatkan sekolah karena terpaku ingin mendapatkan sekolah negeri dengan berbagai cara.

"Biasanya minta bantuan pejabat tertentu, termasuk anggota Dewan. Nanti ada kongkalikong. Jika sudah ada kesepakatan, siswa bisa masuk walaupun tadinya tidak masuk lolos seleksi," ujar Mudzakir.

Halaman
1234
Penulis: tribunkaltim
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help