CPNS 2018

Pendaftaran CPNS 2018, Peserta Tuna Netra Diberi Tambahan Waktu SKD 120 Menit

Pelaksanaan tahapan pendaftaran CPNS akan mulai berlangsung pada tanggal 26 September ini, Di luar formasi umum

Pendaftaran CPNS 2018, Peserta Tuna Netra Diberi Tambahan Waktu SKD 120 Menit
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie meninjau antrean peserta SKD CPNS di Lab CAT Pemprov Kalimantan Utara di Jalan Surian Tanjung Selor saat tes CPNS bebarapa waktu lalu 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Pelaksanaan tahapan pendaftaran CPNS akan mulai berlangsung pada tanggal 26 September ini. Di luar formasi umum, Pemprov Kalimantan Utara juga menyediakan formasi khusus seperti diamanatkan Permenpan RB Nomor 36 Tahun 2018 tentang Penetapan Kriteria Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2018.

Sebagaimana diketahui, Kalimantan Utara mendapatkan kuota 500 formasi yang terdiri atas 375 formasi bidang pendidikan, 175 formasi bidang kesehatan, dan 50 formasi teknis.

Instansi teknis, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalimantan Utara, menetapkan alokasi formasi khusus lulusan cumlaude sebanyak 1 persen dari total kuota formasi. Lalu formasi khusus penyandang disabilitas juga ditetapkan 1 persen sama seperti yang tertuang dalam Permenpan RB Nomor 36 Tahun 2018.

Baca: Pendaftaran CPNS 2018, 4 Kementerian Ini Buka Formasi untuk Lulusan SMA

Dalam Keputusan Gubernur Kalimantan Utara Nomor 800.08/692/2.1-BKD tentang Kebutuhan Pegawai ASN di Lingkungan Pemprov Kalimantan Utara Tahun 2018, disebutkan, kriteria penyandang disabilitas yang boleh mengikuti tes CPNS adalah wajib melampirkan surat keterangan dokter yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya.

"Khusus penyandang disabilitas tuna netra diberikan tambahan waktu seleksi kompetensi dasar (SKD) sampai 120 menit," sebut Ishak kepada Tribunkaltim.co, Jumat (21/9/2018).

Selain syarat khusus tersebut, pelamar penyandang disabilitas juga tetap harus memenuhi persyaratan umum seperti batas usia.

"Nanti kami juga tentu akan melihat kesesuaian formasi dengan jenis disabilitas yang disandang," sebutnya.

"Terkait dengan pelaksanaan tesnya nanti, kita masih akan rapatkan lebih lanjut," ujarnya.

Baca: Daftar Lengkap Formasi CPNS Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, Download di Sini

Sedangkan formasi khusus cumlaude, minimal berjenjang pendidikan Strata 1 yang berasal dari lulusan perguruan tinggi dalam negeri terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Januar Alamijaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved