Petugas BPBD PPU Padamkan Api sampai Pukul 02.00 Wita

Bahkan luas lahan semi gambut ini sudah mencapai 30 ha dan merupakan terluas sepanjang kebakaran lahan dua bulan terakhir.

Petugas BPBD PPU Padamkan Api sampai Pukul 02.00 Wita
HO/BPBD
Lokasi yang mengalami kebakaran di Petung. 

Laporan wartawan Tribunkaltim.Co, Samir Paturusi

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Penajam Paser Utara (PPU), terus melakukan upaya pemadaman lahan yang terbakar di RT 11 dan 19 Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam, sejak, Sabtu (23/9/2018) sampai sekarang.

Bahkan luas lahan semi gambut ini sudah mencapai 30 ha dan merupakan terluas sepanjang kebakaran lahan dua bulan terakhir.

Menurut pantauan Tribunkaltim.co, Senin (24/9/2018), lahan yang terbakar ini masih semak-semak. Untuk menjangkau lokasi kebakaran cukup mudah karena bisa dilalui mobil tangki milik Dinas Kebakaran serta Dinas Pertanian.

The Jakmania Haringga Sirila Tewas Jelang Laga Persib Bandung Vs Persija Jakarta, Ini Kronologinya

Bahkan untuk suplai air juga tak menjadi kendala karena sudah terbbangun irigasi primer maupun sekunder.

Kasubbid Logistik dan Peralatan, BPBD PPU, Nurlaila menjelaskan, kebakaran lahan di Petung ini ada dua titik yang berada di RT 11 dan 19.

Namun salah satu lahan terdiri beberapa spot kebakaran.

Persib Vs Persija, Laga Panas Makan Korban! Ini Daftar Suporter yang Tewas Terkait Rivalitas 2 Klub

Ia mengatakan, lahan yang terbakar tersebut selain lahan semi gambut juga sebagian lahan palawija dan kaplingan untuk perumahan.

Mengenai penyebab kebakaran, ia belum tahu karena menjadi tanggungjawab aparat hukum untuk mengungkap penyebab kebakaran ini.

Ia mengatakan, untuk melakukan pemadaman sebvanyako 100 personel diturunkan Bukan hanya dari BPBD namun juga Distan, polisi dan TNI serta Dinas Kebakaran.

Bukannya Bugar, Bangun Tidur Kok Malah Pegal? Coba 4 Tips Ini agar Tubuh Terasa Segar

"Bahkan mereka melakukan upaya pemadaman sampai pukul 02.00 Wita tadi malam. Karena belum berhasil dipadamkan sehingga hari ini kami kerahkan lagi personel namun sisa 20 orang saja karena sebagian tinggal pendinginan saja," katanya.

Ia mengatakan kondisi lahan yang semi gambut sehingga cukup menyulitkan untuk pemadaman, apalagi kedalaman lahan yang terbakar antara 10 sampai 30 centimeter.

Geger! Warga Gunung Pasir Balikpapan Ditemukan Tewas di Dalam Kamar

Lakoni Laga Ke-2 Piala Asia U-16, Jadwal Timnas U-16 Indonesia Vs Vietnam Malam Ini

Untuk melakukan pemadaman, pihaknya menggerakkan empat unit pompa portable.

Nurlaila mengatakan, petugas cukup terbantu untuk melakukan pemadaman karena sudah tersedia irigasi primer dan sekunder sehingga hanya menggunakan mesin portable," jelasnya. (*)

Penulis: Samir
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved