Siap-siap, Dewan Pendidikan Kaltara akan Umumkan Penerima Beasiswa pada Tanggal Ini

Beasiawa Kaltara Cerdas yang digulirkan Pemprov Kalimantan Utara saat ini memasuki tahap verifikasi berkas pemohon.

Siap-siap, Dewan Pendidikan Kaltara akan Umumkan Penerima Beasiswa pada Tanggal Ini
Tribun Kaltim/M Arfan
Kegiatan 'Respons Kaltara' membahas Beasiswa Kaltara Cerdas yang dilaksanakan di Kedai 99 Tanjung Selor, Senin (5/11/2018). 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Beasiawa Kaltara Cerdas yang digulirkan Pemprov Kalimantan Utara saat ini memasuki tahap verifikasi berkas pemohon.

Pada 30 November nanti, penerima beasiswa akan diumumkan Dewan Pendidikan Kalimantan Utara ke publik.

Sekretaris Dewan Pendidikan Kalimantan Utara H Suriansyah mengatakan, dari kurang lebih Rp 11 miliar anggaran beasiswa yang tersedia, akan mencakup sebanyak 2.204 kuota.

"Yang mendaftar sampai saat ini sudah sebanyak 4.329 pendaftar. Artinya antusias cukup tinggi dibanding kuota yang tersedia" ujarnya dalam kegiatan 'Respons Kaltara' di Kedai 99, Tanjung Selor, Senin (5/11/2018).

Baca: Hari Pertama 5.416 Pendaftar, Ini Tata Laksana Beasiswa Digital Talent 2018 hingga 5 Oktober

Dari anggaran Rp 11 miliar tersebut, kurang lebih Rp 10,1 miliar dialokasikan untuk mahasiswa. Sisanya kurang lebih Rp 800 juta dialokasikan untuk beasiswa siswa peraih nilai Ujian Nasional dan siswa yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik.

Menyikapi tingginya antusias pemohon beasiswa, Dewan Pendidikan mengklaim akan melaksanakan tahapa verifikasi dengan cermat dan detail. Ia juga meminta pihak kampus membantu dalam proses verifikasi ini.

"InsyaAllah kami transparan. Tidak memihak. Kami juga melibatkan inspektorat. Kami bekerja tidak asal-asalan karena ada juknisnya," ujarnya.

Rektor Universitas Borneo Tarakan Adri Patton kemudian memberi apresiasi bergulirnya beasiswa bantuan bagi mahasiswa yang digulirkan Pemprov. Ia berharap Dewan Pendidikan jeli melakukan verifikasi berkas agar beasiswa yang disalurkan dapat tepat sasaran.

"Kami sangat apresiasi Pak Gubernur yang sangat perhatian terhadap pengembangan SDM. Kami juga menyarankan agar pembagian kuota beasiswa antar daerah dilakukan dengan proporsi yang merata," ujarnya.

Baca: Kominfo Buka Pendaftaran Beasiswa Pelatihan Digital untuk 1.000 Orang, Dibuka hingga 5 Oktober

Rektor Universitas Kaltara Abdul Djabarsyah juga mengungkapkan hal yang sama. Ia berharap proses verifikasi dilaksanakan secara teliti agar beasiswa yang disalurkan tetap sasaran dan tepat guna.

"Kami juga sangat berterimakasih kepada Pemprov dalam beberapa tahun mengalokasikan beasiswa untuk mahasiswa kami. Mudah-mudahan ke depan lebih banyak lagi penerima. Saat ini sudah ada 331 pelamar dari Unikal," ujarnya.

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved