Peduli Warga Sekitar, Poltekba Pasang 2 Unit Lampu PJU Tenaga Surya di Sepinggan

Politeknik Negeri Balikpapan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat, salah satunya dilakukan Jurusan Teknik Mesin di Sepinggan.

Peduli Warga Sekitar, Poltekba Pasang 2 Unit Lampu PJU Tenaga Surya di Sepinggan
IST
JPU TENAGA SURYA - Ketua Tim Pelaksana Program Pengabdian Masyarakat Jurusan Teknik Mesin Poltekba Wahyu Anhar memasang dua unit lampu PJU berbasis solar system atau lampu tenaga surya di RT 050, Sepinggan, Balikpapan Selatan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat, salah satunya dilakukan Jurusan Teknik Mesin di RT 050 Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan.

Ketua Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (P3M) Poltekba, Saiful Ghozi mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sekaligus menjadi bagian dari masyarakat akan keberadaan kampus Poltekba Balikpapan.

Senada disampaikan Ketua Tim Pelaksana Program Pengabdian Masyarakat dari Jurusan Teknik Mesin, Wahyu Anhar. Dikemukakan, bentuk kegiatan yang dilakukan adalah penerapan lampu penerangan jalan umum (PJU) berbasis solar system, atau lebih dikenal dengan lampu tenaga surya.

Baca: Lepasnya Tali Sling Berimbas Jembatan Gantung Ambruk, Puluhan Orang Tercebur ke Sungai

"Kami prihatin dibeberapa wilayah Balikpapan masih minim infrastruktur, khususnya berkaitan dengan penerangan lingkungan, sehingga kami memanfaatkan hasil produk terapan kami untuk diimplementasikan kepada masyarakat," jelasnya.

Tujuan lanjutnya, kegiatan penerapan lampu PJU berbasis solar system memberikan dampak posistif bagi masyarakat secara sosial, ekonomi dan tentu keamanan lingkungan.

"Tentunya, dengan adanya penerangan jalan, masyarakat dapat beraktifitas dengan baik dan memberikan rasa aman. Apalagi Kaltim merupakan wilayah dengan potensi teknis surya tertinggi ketiga setelah Kalbar dan Sumatera Selatan,"jelasnya

Ketua RT 050 Kelurahan Sepinggan, Nurul Fiddin mewakili warga mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan dari program PKM dari Poltekba Balikpapan. "Di lingkungan kami belum ada lampu PJU selama ini dan baru ini ada, sehingga sangat membantu warga," katanya.

Baca: Dramatis, Persija U 19 Melaju ke Final Tantang Persib Perebutkan Tropi Liga 1 U-19 2018

Dengan dua PJU ini masyarakat dapat lebih mudah beraktifitas karena jalanan menjadi terang, baik yang pulang pergi bekerja di malam hari, atau yang akan beribadah ke mushola, atau yang akan melakukan aktifitas lainnya.

"Alhamdulillah, sekarang jalanannya sudah terang yang tadinya gelap dan orang takut melewatinya, walaupun masih ada beberapa titik lokasi yang masih gelap, semoga Poltekba kedepannya dapat mengimplementasikannya kembali," harapnya. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved