Ini Jenis Izin yang Diperlukan untuk Merealisasikan Pusat Pemerintahan dan Kota Baru Tanjung Selor

"Jika dilihat, sebagian besar perizinannya, kewenangannya ada di Pemkab Bulungan," ujarnya.

Ini Jenis Izin yang Diperlukan untuk Merealisasikan Pusat Pemerintahan dan Kota Baru Tanjung Selor
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD ARFAN
Masterplan Pusat Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara dipajang di Kantor Gubernur Kalimantan Utara 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kalimantan Utara mengklaim telah melakukan gerak cepat pasca terbitnya Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor.

DPM PTSP Kalimantan Utara akan memfokuskan sektor perizinan proyek tersebut.

Kepala DPM PTSP Kalimantan Utara Risdianto mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dan menjalin kerja sama dengan PTSP Kabupaten Bulungan.

"Yang kami komunikasikan sebetulnya bukan hanya KIPI. Tetapi juga soal proyek strategis lainnya seperti Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning dan PLTA Besahan. Karena banyak sekali nanti ke depan, kewenangan perizinannya ada di DPM PTSP Bulungan," sebut Risdianto, Selasa (27/11/2018).

DPM PTSP Kalimantan Utara dan DPM PTSP Bulungan lanjutnya dari pertemuan pekan lalu mencoba memetakan dan mengidentifikasi jenis-jenis perizinan yang akan muncul dalam pembangunan Pusat Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara dalam KBM Tanjung Selor.

"Jika dilihat, sebagian besar perizinannya, kewenangannya ada di Pemkab Bulungan," ujarnya.

Izin-izin yang akan muncul antara lain Izin Prinsip. Izin ini akan disesuaikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bulungan.

"Payungnya semua adalah RTRW dan RDTR. Insyaa Allah Pemkab Bulungan akhir tahun ini akan menuntaskan penyusunan RTRW-nya sinergi dengan RTRW Provinsi. Salah satunya, KBMbl masuk di situ. Apabila sesuai RTRW, Izin Prinsip diterbitkan," ujarnya.

"Kedua, Izin Lokasi, yang subtansinya menyangkut pola pemanfaatan ruang di dalam RTRW. Itu juga diberikan oleh Bupati Bulungan," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved