Petugas Bonbin Semarang Menangkap Kembali Harimau yang Lepas dari Kandang

Bonbin Semarang Zoo Mangkang Jawa Tengah mendadak ricuh, karena dua ekor Harimau Benggala lepas dari kandangnya. Kini sudah ditangkap kembali.

Petugas Bonbin Semarang Menangkap Kembali Harimau yang Lepas dari Kandang
BKSDA Jateng
Harimau bonbin Semarang yang sempat lepas berhasil ditangkap. 

TRIBUNKALTIM.CO, SEMARANG-- Pada Rabu (5/12) pagi keadaan bonbin Semarang Zoo Taman Marga Satwa Mangkang Jawa Tengah mendadak ricuh. Hal ini lantaran dua ekor Harimau Benggala lepas dari kandangnya.

Dikutip dari Tribun Jateng, Kamis (6/12) pihak bonbin Semarang kemudian menghubungi pihak BKSDA Jateng. Kepala BKSDA Jateng Suharman kemudian menuturkan memang benar pihaknya dihubungi oleh bonbin pukul 08.38 WIB.

Pihak bonbin Semarang melaporkan bahwa ada dua ekor harimau, satu betina satu jantan lepas. Sekitar pukul 09 .00 pagi petugas BKSDA Jateng sudah tiba di lokasi.

"Sekitar pukul 09.00 WIB, setelah kami sampai di bonbin telah siap personel Polsek Tugu, dan bonbin telah ditutup/steril untuk pengunjung," kata Suharman.

BKSDA Jateng dan Polsek Tugu lantas berkoordinasi untuk menangkap dua ekor harimau itu. Beberapa saat kemudian pawang mengatakan bahwa harimau jantan sudah kembali masuk kandang.

Tinggal harimau betina yang belum ditangkap. Rupanya usai di cari harimau betina berada di gorong-gorong sekitar bonbin.

"Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan harimau berada di dalam gorong-gorong jembatan di komplek bonbin," ujar Suharman.

Petugas lantas menutup kedua lubang gorong-gorong agar sementara harimau tak keluar lagi. Pasalnya pada percobaan penangkapan pertama harimau bisa menerjang keluar sebelum masuk lagi.

Hal ini sempat membuat petugas kelimpungan dan mencoba lari untuk menghindari amarah si kucing besar.

"Setelah menunggu sejenak dan harimau masuk gorong-gorong lagi, tim memanfaatkan bekas pintu besi lain untuk menutup gorong-gorong dimaksud," ungkap Suharman.

Setelah kedua lubang ditutup maka petugas menyiapkan jarum bius yang ditembakkan menggunakan Sumpit. Tiga kali petugas menembakkan jarum bius agar harimau pingsan. Namun hanya satu saja yang kena.

"Dan akhirnya setelah obat bius bekerja dan satwa tertidur selanjutnya ditandu dan dikembalikan ke kandang satwa," jelas Suharman.

Kini Semarang Zoo sudah dibuka kembali setelah dua harimau yang lepasitu telah berada di kandang lagi.(*)

Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved