11 Maskapai Nasional Sudah Megap-megap, INACA Minta Proteksi dari Pemerintah

Ketua Indonesia National Air Carrier Association ( INACA) Ari Askhara meminta pemerintah memproteksi maskapai nasional dari serbuan maskapai asing.

11 Maskapai Nasional Sudah Megap-megap, INACA Minta Proteksi dari Pemerintah
KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA
11 Maskapai Nasional Sudah Megap-megap, INACA Minta Proteksi dari Pemerintah 

11 Maskapai Nasional Sudah Megap-megap, INACA Minta Proteksi dari Pemerintah

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Ketua Indonesia National Air Carrier Association ( INACA) Ari Askhara meminta pemerintah memproteksi maskapai nasional dari serbuan maskapai asing.

Menurut pria yang juga menjabat Direktur Utama Garuda Indonesia ini, jika tak diproteksi akan mengancam masa depan penerbangan Indonesia.

"Pemerintah harus memproteksi maskapai nasional. Jangan terlalu gampang memberikan slot kepada maskapai asing untuk airport kita dan juga ke hub kita," ujar Ari Ashkara di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Selain itu, Ari Ashkara sebagai Ketua asosiasi maskapai nasional juga meminta pemerintah tidak menambah 'pemain' di dunia penerbangan Indonesia.

INACA Turunkan Harga Tiket Pesawat hingga 60 Persen, Fakta di Lapangan Masih Mahal, Ini Buktinya

Sebab, hal tersebut akan makin mempersulit kondisi maskapai nasional.

"Dan juga jangan menambah pemain di maskapai nasional, karena ini sudah 11 maskapai nasional sudah megap-megap semua, jangan ditambah lagi," kata Ari Ashkara.

Selain kepada pemerintah, Ari Ashkara juga meminta kepada stakeholder terkait untuk membantu maskapai domestik bertahan hidup.

Salah satu caranya dengan menurunkan biaya kebandarudaraan dan bahan bakar.

Usai Viral Warga Aceh Bikin Paspor, Harga Tiket Pesawat Garuda Aceh - Jakarta Turun 50 Persen

Respons INACA soal Harga Tiket Pesawat ke Jakarta Lebih Mahal Dibanding ke Kuala Lumpur

"Kami hanya meminta, kalau meminta enggak harus memaksa. Kalau yang AP I dan II serta Airnav kita meminta (penurunan biaya kebandarudaraan) sekitar 30 persen, kalau Pertamina kita minta (harga avtur turun) 10 persen," ucap dia.

(Kompas.com/Akhdi Martin Pratama)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "INACA: 11 Maskapai Nasional Sudah "Megap-Megap"", https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/16/101500526/inaca--11-maskapai-nasional-sudah-megap-megap-

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved