Pilpres 2019

Pengamat: Kampanye Serangan Balik Jokowi Membuat Khawatir Kubu Prabowo, Ini Alasannya

Aneh jika kubu Prabowo-Sandiaga menyebut model kampanye menyerang calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) tidak tepat.

Pengamat: Kampanye Serangan Balik Jokowi Membuat Khawatir Kubu Prabowo, Ini Alasannya
TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Pengamat Politik Lima (Lingkar Madani), Ray Rangkuti. 

Pengamat: Kampanye Serangan Balik Jokowi Membuat Khawatir Kubu Prabowo, Ini Alasannya

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Pengamat Politik Ray Rangkuti menilai aneh jika Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyebut model kampanye menyerang calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) tidak tepat.

Karena menurut Ray Rangkuti, tepat atau tidak satu model kampanye tergantung pada kebutuhan yang ada sebagai strategi yang akan diterapkan.

 
"Tentu saja tepat atau tidak satu model kampanye tidak tergantung pada penilaian lawan politiknya. Kalau sampai oposisi menilai model kampanye yang dilakukan oleh petahana sebagai tidak tepat justru hal itu menimbulkan pertanyaan," ujar Ray Rangkuti kepada Tribunnews.com, Selasa (5/2/2019).

Dia malah mempertanyakan, 'apakah itu berarti oposisi khawatir model kampanye menyerang Jokowi akan sedikit banyak berimplikasi terhadap elektabilitas sang penantang?'

"Dengan seolah-olah menyebut pak Jokowi yang khawatir tapi sebenarnya yang terjadi justru kekhawatiran mereka model kampanye menyerang yang akan dilakukan oleh pak Jokowi akan dapat mengungkap berbagai kelemahan yang mungkin selama ini belum terungkap kapada publik," jelas Ray Rangkuti.

Sebut saja imbuh dia, soal adanya bantuan Tim ahli dari orang asing untuk pemenangan Prabowo. Satu isu yang sudah lama beredar, tetapi akan lebih bernilai politik manakala diungkapkan oleh petahana. 

"Ini salah satu contoh isu yang boleh jadi akan dapat mengurai berbagai kelemahan dari penantang petahana," kata dia.

Tapi apakah kampanye menyerang ini akan efektif? 

Dia melihat ini lebih merupakan tahapan berikut dari strategi kampanye yang akan dilakukan Jokowi. 

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved