Kabar dari Kubar

Konsultasi Publik RKPD 2020 Kubar, Wabup: Pembangunan Harus Utamakan Kepentingan Masyarakat

Prioritas pembangunan Kutai Barat (Kubar) harus benar-benar mengutamakan kepentingan masyarakat.

Konsultasi Publik RKPD 2020 Kubar, Wabup: Pembangunan Harus Utamakan Kepentingan Masyarakat
IST/HUMAS
SINERGITAS - Wabup Kubar Edyanto Arkan silaturahmi dengan Kepala PD dan Camat di lingkungan Pemkab Kubar pada pembukaan konsultasi publik rancangan awal RKPD 2020 Kubar. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Prioritas pembangunan Kutai Barat (Kubar) harus benar-benar mengutamakan kepentingan masyarakat. Di antaranya, pemerataan, kemandirian, ekonomi kerakyatan dan sumber daya manusia.

"Hal ini juga harus sejalan dengan visi Kubar, 2016-2021, yakni terwujudnya Kubar yang semakin adil, mandiri dan sejahtera berlandaskan ekonomi kerakyatan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia," kata Wabup Kubar Edyanto Arkan.

Dia mengatakan ini saat membuka konsultasi publik rancangan awal RKPD 2020 Kubar di Ruang Rapat 1 Lantai 2 Kantor Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (BP3D) Kubar, beberapa waktu lalu.

BKAD Kubar Gelar FGD Penerapan Aplikasi Siskeudes 2.0

Pelaksanaan konsultasi publik ini, diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan. Dengan tujuan mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan rancangan awal RKPD.

Setelah disempurnakan berdasarkan hasil konsultasi publik ini, akan menjadi pedoman penyempurnaan rancangan awal rencana perangkat daerah. "Mari bersama-sama memberikan masukan, koreksi, saran dan lainnya dalam rancangan awal RKPD ini, yang disiapkan oleh BP3D untuk dilakukan perbaikan dan penyempurnaan," imbaunya.

Kepala BP3D Kubar Achmad Sofyan mengatakan rancangan awal RKPD merupakan dokumen penting yang harus disusun sebagai pedoman pokok dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2020.

Bercita-cita Go Internasional, Perekrut ISIS Asal Indonesia Tewas Terkena Pecahan Peluru di Suriah

Hal ini sebagai dasar penyusunan rancangan APBD 2020, juga menjamin keterkaitan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan serta sebagai petunjuk operasional bagi penyelenggara pembangunan.

Dia menambahkan rancangan awal RKPD merupakan kunci penting dalam menentukan kualitas seluruh proses penyusunan RKPD. Rancangan awal menginformasikan rancangan kerangka ekonomi daerah, arah kebijakan keuangan daerah, arah prioritas pembangunan daerah dan rencana kerja program serta kegiatan yang dilengkapi dengan rancangan pagu indikatif untuk setiap Perangkat Daerah (PD).

Untuk tahun yang direncanakan sebagai acuan bagi setiap PD dalam menyiapkan rancangan Renja PD. "Rancangan Awal RKPD berfungsi sebagai koridor perencanaan pembangunan indikatif untuk tahun yang direncanakan," kata Achmad Sofyan.

Adapun tujuan pelaksanaan konsultasi publik ini, mensinergiskan pemahaman tentang arah dan kebijakan pembangunan Kubar pada 2020 mendatang, yang terintegrasi dan berkelanjutan pada RPJMD Kubar 2016-2021.

Beckham Putra Nugraha, Wonderkid Persib Bandung yang Masih Harus Belajar

Dengan konsultasi publik ini diharapkan terwujudnya koordinasi, sinergitas, efisiensi dan efektifitas dalam penetapan prioritas rencana program kegiatan dan pagu indikatif yang akan dituangkan sebagai masukan utama untuk memuktahirkan rancangan awal RKPD 2020. Rencana program dan kegiatan prioritas daerah, serta berita acara kesepakatan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Kubar 2020. (hms6)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved