Pilpres 2019

Ungkap Lahan HGU Prabowo Subianto Sudah Sesuai Aturan, Wapres Jusuf Kalla: Apa yang Salah?

JK mengatakan, pemerintahan di 2004 mendukung tata kelola lahan kepada Prabowo.

Ungkap Lahan HGU Prabowo Subianto Sudah Sesuai Aturan, Wapres Jusuf Kalla: Apa yang Salah?
KOMPAS.com/ MOH NADLIR
Wakil Presiden Jusuf Kalla ketika ditemui di kantor wakil presiden RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan bahwa proses pengalihan HGU (Hak Guna Usaha) lahan negara di Kalimantan Timur kepada Prabowo Subianto, telah sesuai aturan.

"Bahwa Pak Prabowo menguasai tapi sesuai UU, sesuai aturan, apa yang salah?," JK yang ditemui di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2019).

"Lahan itu ada sistemnya, misalnya satu diambil, kemudian ditanam di tempat lain. Begitu diambil ditanam lagi. Jadi itu berputar terus, rolling terus itu. dan itu ada UU-nya, ada izinnya. Tidak ada yang salah sebenarnya," kata dia.

JK mengatakan, pemerintahan di 2004 mendukung tata kelola lahan kepada Prabowo, karena menganggap perusahaan Prabowo menghasilkan komoditas ekspor yang baik.

 

 

Baca juga:
 

"Tujuannya untuk ekspor. Jadi kita dukung karena itu untuk ekspor," sambung JK.

Ia juga menuturkan, syarat perbankan dalam pengajuan izin juga telah dipenuhi Prabowo, dimana Mantan Jenderal Kopassus membayar izin HGU secara tunai sebesar 150 juta dollar AS.

"Datang Pak Prabowo sama saya (JK) bahwa dia mau beli (HGU). Saya tanya 'you beli tapi cash, tidak boleh utang'. 'siap' (jawab Prabowo)," ujar JK.

Selain itu, Berdasarkan Bagian IV UU No 5 Tahun 1960 Pasal 30 terkait HGU dinyatakan yang dapat mempunyai hak guna usaha ialah Warga Negara Indonesia

"Dia (Prabowo) belilah itu (HGU). Jadi itu kredit macet itu. Singapura mau beli waktu itu, daripada orang lain yang ngambil. tapi itu sesuai aturan yang ada, bayar cash di Bank Mandiri. (HGU) untuk diberikan kepada pribumi, supaya jangan jatuh ke luar negeri ke Singapura," jelas JK.

Editor: Kholish Chered
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved