Kesehatan

Waspada! Kanker Rahim Bukan Hanya Penyakit Wanita Muda

Sekitar 449 kematian karena kanker terjadi pada wanita berusia lebih dari 65 tahun dan tujuh orang pada kelompok usia di bawah 25 tahun

Waspada! Kanker Rahim Bukan Hanya Penyakit Wanita Muda
BBC Indonesia
Wanita lebih tua cenderung tidak menjalani pemeriksaan untuk mencegah kanker rahim. 

TRIBUNKALTIM.CO - Muncul pandangan bahwa kanker rahim adalah penyakit wanita muda, tetapi setengah kematian justru terjadi pada wanita yang berumur di atas 65 tahun, demikian laporan British Medical Journal.

Mereka memandang batas umur pemeriksaan rahim seharusnya dinaikkan menjadi 70 tahun dan wanita yang lebih tua seharusnya menjadi sasaran kampanye kesehatan.

Sekitar 449 kematian karena kanker terjadi pada wanita berusia lebih dari 65 tahun dan tujuh orang pada kelompok usia di bawah 25 tahun pada tahun 2010 dan 2012.

Laporan tersebut menyebutkan jumlah wanita lebih tua yang terkena penyakit ini akan meningkat.

Begitu mencapai umur 60-64, hanya 72% wanita di Inggris pada tahun 2013 yang menjalani pemeriksaan dalam lima tahun terakhir.

BACA juga: Wanita yang Pernah Hubungan Suami-Istri Wajib Tes Papsmear, Mengapa?

Sementara data pada kelompok usia 50-54 tahun adalah 82% dan 76% pada umur 55-59 tahun.

Kanker rahim adalah kanker yang paling umum ditemui pada wanita berumur di bawah 35 tahun, penyakit ini terus mempengaruhi wanita pada kelompok usia mana pun.

Penulis utama laporan Dr Sue Sherman, yang juga pengajar senior mata kuliah psikologi pada Keele University, mengatakan angka ini mengisyaratkan wanita lebih tua tidak menjalani pemeriksaan untuk mencegah kanker rahim. (BBC Indonesia)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved