Kebakaran Hutan

Di Kabupaten Ini, Jumlah Anak Penderita ISPA Meningkat

“Semakin banyak anak terkena ISPA. Rata-rata tiap harinya itu (buka sampai jam 12.00 Wita) ada 7 sampai 8 anak."

Di Kabupaten Ini, Jumlah Anak Penderita ISPA Meningkat
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Zaila (1,5), seorang balita penderita ISPA saat berada di Puskemas Tanjung Selor, Kamis (17/9/2015). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Kabut asap yang melanda Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara akhir-akhir ini, ikut menambah daftar penderita ISPA.

Keterangan Fatmawati, seorang petugas kesehatan di ruang poli anak Puskesmas Tanjung Selor, Kamis (17/9/2015), belakangan ini jumlah anak-anak penderita ISPA yang masuk di Puskesmas Tanjung Selor meninggi. Hingga pertengahan September saja, jumlahnya sudah mencapai 122 anak.

“Semakin banyak anak terkena ISPA. Rata-rata tiap harinya itu (buka sampai jam 12.00 Wita) ada 7 sampai 8 anak. Umumnya anak-anak di atas 1 tahun,” tuturnya.

Dibanding bulan Agustus lalu, jumlah anak-anak penderita yang masuk di Puskesmas Tanjung Selor mencapai 170 anak. Itu artinya, kemungkinan hingga akhir bulan September ini, jumlah anak penderita ISPA dapat bertambah dua kali lipat.

Dokter poli anak, Yudha menyatakan, anak-anak memang cukup rentan terkena ISPA, apalagi jika daya tahan tubuhnya rendah, ditambah timbulnya kabut asap akhir-akhir ini.

Baca: Ibu Guru Ini Tinggalkan Jam Mengajar Demi Bawa Anaknya ke Puskesmas

Langkah penanganan yang diambil, tambah Yudha, dilihat dari segi gejala yang dialami sang anak. Batuk pilek disertai demam misalnya, jika kurang dari tiga hari, dokter akan memberi resep obat. Jika lebih dari 3 hari, sang anak anak dicek laboratorium untuk diketahui taraf peningkatan infeksi akibat bakteri ataupun virus.

Jika peningkatan bakteri hasil laboratorium sesuai dengan gejala penyakit sang anak, dokter akan memberi terapi dan pemberian antibiotik.

“Kepada orangtua yang memiliki anak berumur 0-14 tahun, kami imbau mengurangi aktivitas di luar rumah. Tetapi kalaupun beraktivitas di luar rumah, kami sarankan untuk memakai masker,” tuturnya. (*)

***

UPDATE berita eksklusif, terbaru, unik dan menarik dari Kalimantan. Cukup likes fan page  fb TribunKaltim.co  atau follow twitter  @tribunkaltim

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved