Tips Travelling

6 Masalah yang Mungkin Dijumpai saat Plesiran, Ini Cara Mengatasinya

Kita tidak dapat menghindari jika terjadi sesuatu di perjalanan. Tetapi apa langkah terburuk yang dilakukan wisatawan?

6 Masalah yang Mungkin Dijumpai saat Plesiran, Ini Cara Mengatasinya
KOMPAS/RADITYA MAHENDRA YASA
Sejumlah turis asing menikmati perjalanan dengan menumpang kereta api uap di Stasiun Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (27/12/2011). Museum Kereta Api Ambarawa yang menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan setelah Candi Borobudur saat ini dalam tahap renovasi untuk menunjang kenyamanan pengunjung. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kita tidak dapat menghindari jika terjadi sesuatu di perjalanan. Tetapi apa langkah terburuk yang dilakukan wisatawan?

"Mereka meninggalkan rumah tanpa persiapan," jawab Alex Puig dari International SOS, perusahaan yang menawarkan evakuasi darurat. Lalu, bagaimana cara sederhana mengatasi masalah perjalanan? Simak uraian berikut ini!

Dirampok

- Selalu jaga bawaan kita di mana pun. Bisa juga membawa tas "umpan" yang membawa uang kecil dan foto lama, namun tidak membuat kita ragu untuk menyerahkannya jika ada perampokan. Letakkan kartu kredit dan uang tunai di saku dalam.
- Serahkan dompet palsu
- Beritahu polisi

Kehilangan paspor

- Hal yang paling penting untuk dibawa adalah paspor. Cobalah tiga hal ini untuk langkah awal. Simpan salinan yang berwarna di tempat aman seperti kamar hotel, atau tinggalkan fotokopi dengan orang terpercaya di rumah.
- Scan salinan sebagai file elektronik dan simpan di folder box seperti DropBox atau Google Drive. Fotokopi paspor, tiket pesawat, SIM, dan kartu kredit juga dapat membantu kita memverifikasikan identitas kita.- Hubungi kedutaan besar atau konsulat negara kita
- Beritahu maskapai dan asuransi perjalanan kita jika kita perlu mengubah rencana perjalanan

Baca: Si Cantik Ini Hobi Travelling, Manfaatkan Tugas Luar Kota

Kartu kredit ditolak

- Kartu kredit kita kemungkinan tidak memiliki microchip yang digunakan untuk keamanan internasional, atau kartu kredit kita mungkin belum mengizinkan kita menggunakan karena adanya deteksi penipuan.
- Hubungi nomor telpon bebas pulsa internasional pada kartu kredit kita
- Beralih ke debit atau tunai

Kerusuhan

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved