Operasi Zebra Mahakam

Pelanggaran Berpotensi Kecelakaan Jadi Prioritas

Pelanggaran berpotensi kecelakaan lalu lintas akan menjadi prioritas penindakan yang kami lakukan.

Pelanggaran Berpotensi Kecelakaan Jadi Prioritas
TRIBUN KALTIM/MARGARET SARITA
Wakapolres Kutim menyematkan tanda peserta operasi zebra Mahakam pada perwakilan polisi peserta upacara. 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Operasi Zebra Mahakam 2015 di wilayah kabupaten Kutai Timur sudah dimulai. Dengan operasi tersebut, razia kendaraan, baik R2, R4 dan R6 ke atas akan lebih sering dari biasanya serta akan dilakukan di banyak titik keramaian lalu lintas.

Wakapolres Kutim, Kompol I Nyoman Suartana didampingi Kasatlantas AKP Imam Maladi ‎usai melaksanakan apel Operasi Zebra Mahakam 2015 di halaman Polres Kutim, Kamis (23/10/2015) pagi tadi, mengatakan gelaran razia dalam rangka operasi zebra lebih menekankan pada penindakan yakni 80 persen dari kegiatan. Sisanya, kegiatan sosialisasi dan preventif.

"Pelanggaran berpotensi kecelakaan lalu lintas akan menjadi prioritas penindakan yang kami lakukan. Seperti melawan arus, tidak menggunakan helm, melanggar lampu lalu lintas serta berputar bukan pada tempatnya‎," kata Nyoman.

Meski demikian, lanjut Nyoman, bukan berarti pelanggaran lain tidak ditindak. Karena merupakan pelanggaran.

Baca: Operasi Zebra di Kabupaten Ini Libatkan Provost TNI AD dan AL

"Tetap akan ditindak, seperti‎ tidak membawa surat-surat, menyalakan lampu di siang hari dan pelanggaran lainnya sebagaimana diatur dalam undang undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan umum," ujar Nyoman.

‎Ditambahkan Imam, gelaran razia bukan untuk mencari-cari kesalahan masyarakat. Tapi juga membiasakan masyarakat berkendara secara tertib dengan menaati peraturan lalu lintas dan melengkapi diri dengan surat-surat saat berkendara. (*)

***

UPDATE berita eksklusif, terkini, unik dan menarik dari Kalimantan. Like fb TribunKaltim.co  Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim


Penulis: Margaret Sarita
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved