Kuliner

Ini Buah Khas Kalimantan Mirip Bola Tenis yang Mulai Langka, Membukanya Kadang Dijepit di Pintu

membukanya kadang dijepit di pinggir pintu, tepat di dekat engsel pintu. Dijepit hingga buah itu terbelah dan terlihat isi dagingnya

Ini Buah Khas Kalimantan Mirip Bola Tenis yang Mulai Langka, Membukanya Kadang Dijepit di Pintu
www.pinterest.com
Buah Kecapi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Bentuknya bulat pipih, warna kulitnya kuning keemasan, memiliki bulu halus, dan bila orang memegang buah ini akan tampak seperti memegang bola tennis.

Ya, itulah buah Kecapi.

Nama kecapi memang sering diidentikkan dengan alat musik, tetapi sebenarnya ini juga adalah jenis buah langka di Indonesia.

Kalau tahun 1970-1980-an mungkin buah ini banyak dijual orang, dan di Jakarta, tidak sedikit pedagang menjual buah ini di kala musim. Tetapi sekarang, tidak banyak orang menjual, mungkin juga sulit untuk mendapatkannya.

BACA JUGA: Buah yang Mirip Anggur Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kadar Gula pada Penderita Diabetes Lho

Bukan cuma menjual di beberapa tempat di Jakarta atau wilayah di sekitar Jakarta, banyak pula orang yang menanam pohon kecapi. Seakan-akan buah ini begitu memasyarakat, sehingga siapa saja bisa menanamnya.

Buah kecapi, ternyata bukan cuma langka dan sulit mendapatkannya, tapi tidak banyak juga orang yang mengetahui nama lain buah ini.

Ada orang yang menyebut kecapi dengan nama sentul, santu, sentulu dan ketuat. Nama ilmiah kecapi adalah Sandoricum koetjape (Burm.f.) Merr. Ternyata usut punya usut, kecapi diperkirakan sebagai tanaman asli kawasan Asia Tenggara.

Kemudian buah ini masuk ke India, Indonesia (Borneo/Kalimantan, Maluku), Mauritius, dan Filipina. Tidak heran bila saat ini banyak orang di wilayah-wilayah itu mengkonsumsi buah tersebut.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved