Gawat! Ratusan Ragam Bahasa di Indonesia Terancam Punah

Distribusi 742 bahasa di seluruh Indonesia rupanya berbanding terbalik antara jumlah bahasa dengan jumlah penduduk.

Gawat! Ratusan Ragam Bahasa di Indonesia Terancam Punah
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Negara Indonesia menjadi salah satu lokasi yang diminati bagi para peneliti bahasa di dunia. Hal tersebut dikarenakan Indonesia merupakan sebuah negara dengan jumlah bahasa terbanyak kedua di dunia.

Dengan memperoleh gambaran menyeluruh dari situasi kebahasaan secara umum di dunia maupun situasi kebahasaan di Indonesia, diharapkan mampu menjadi bentuk pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindarkan suatu negara dari kepunahan bahasa.

Wawasan terkait bahasa-bahasa kemudian diketahui berpotensi terancam punah.

Mencegah terjadinya hal tersebut, masyarakat membutuhkan pemahaman ekolinguistik, sebagai ilmu linguistik yang memperhatikan daya hidup bahasa.

Menurut Multamia RMT Lauder dari Departemen Linguistik Universitas Indonesia, posisi pertama negara dengan bahasa terbanyak di dunia kini ditempati oleh Papua Nugini dengan jumlah bahasa mencapai 867 bahasa. Sedangkan Indonesia menempati posisi kedua dengan jumlah bahasa sebanyak 742 bahasa.

BACA JUGA: Suka-duka TNI Perbatasan; Seminggu Menikah Langsung Tinggalkan Istri, Tak Lihat Anak Lahir

Banyaknya ragam bahasa yang dimiliki oleh Indonesia ternyata memiliki masalahnya sendiri. Dengan jumlah bahasa sebanyak itu, hanya ada 13 bahasa daerah yang memiliki angka penutur di atas satu juta orang.

Distribusi 742 bahasa di seluruh Indonesia rupanya berbanding terbalik antara jumlah bahasa dengan jumlah penduduk.

Pulau Jawa dengan jumlah penduduk 123 juta orang memiliki tidak lebih dari 20 bahasa. Sebaliknya, Papua yang penduduknya berjumlah 2 juta orang saja memiliki jumlah bahasa mencapai 271 bahasa.

Halaman
123
Editor: Syaiful Syafar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved