Berita Video

VIDEO - Tamu yang Menghadiri Upacara Birau Harus Rela Disiram Air, Termasuk Bupati

Salah satu tujuan dari tradisi mandi-mandian ini, agar para tamu senantiasa diberikan keberkahan dan kemudahan rejeki dalam menjalani kehidupan sehari

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Perhelatan Birau untuk memperingati HUT Kota Tanjung Selor ke-226 dan HUT Kabupaten Bulungan ke-56 digelar di Kecamatan Tanjung Palas, tepat disamping Museum Kesultanan Bulungan, Rabu (12/10/2016).

Walau perayaan terkesan berlangsung secara sederhana, ratusan tamu yang hadir tampak sangat antusias mengikuti setiap rangkaian acara. 

Seperti pada sesi Tari Jepen Bersama, para pejabat, pihak Kesultanan Bulungan dan para undangan silih berganti menari dipanggung yang disediakan.

Tradisi 'Mandi-mandian' atau menyiram tamu yang akan pulang, yang pada tahun-tahun sebelumnya sempat ditiadakan, juga kembali digelar. Satu unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menyemprot air ke arah kerumuman tamu yang berjalan meninggalkan lokasi acara. 

Salah satu tujuan dari tradisi mandi-mandian ini, agar para tamu senantiasa diberikan keberkahan dan kemudahan rejeki dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, para tamu menyeberangi Sungai Kayan ke Tanjung Selor dengan menggunakan replika "Biduk Bebandung" atau kapal kerajaan yang digunakan oleh para Raja-RajaKesultanan Bulungan masa dulu kala.

Simak juga berita lainnya:

VIDEO – Oknum PNS Provinsi Kepergok Menggunakan Sabu di Guest House

VIDEO – Festival Besar di Kabupaten Ini Semua Biaya dari Gotong Royong Warga

Halaman
12
Penulis: Doan E Pardede
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved