Tinjau Kesiapan Distribusi BBM Saat Ramadhan, Wamen ESDM Akui Puas

Kegiatan tersebut dilakukannya juga untuk menjamin ketersediaan BBM di Kalimantan selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri.

Tinjau Kesiapan Distribusi BBM Saat Ramadhan, Wamen ESDM Akui Puas
TRIBUN KALTIM/AMANDA LIONY
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, melayani pertanyaan wartawan saat meninjau TBBM Balikpapan, Kamis (8/6/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM) Arcandra Tahar, melakukan kunjungan kerja ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina RU V, Kamis (8/6/2017).

Kegiatan tersebut dilakukannya juga untuk menjamin ketersediaan BBM di Kalimantan selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri.

Diakuinya, sejauh ini, persiapan Pertamina cukup baik. Apalagi Pertamina memiliki konsep skenario antisipasi jika terjadi lonjakan permintaan BBM oleh konsumen.

"Secara khusus Kementerian ESDM ingin Pertamina dapat bekerjasama dengan beberapa pihak seperti Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk mengamankan jalur distribusi BBM. Tidak saja di Kalimantan tapi juga di seluruh daerah, setelah ini kita juga akan lihat kesiapan di Sumatera," ungkapnya.

Perlu diketahui Pertamina telah membentuk satgas khusus untuk menyiapkan dan mengamankan jalur distribusi BBM di Kalimantan. Satgas akan berjalan pada H-5 lebaran.

Adapun kebutuhan Premium yang disiapkan sepanjang Ramadhan hingga lebaran sebanyak 925 KL per hari atau naik 5 persen dibanding hari biasa. Begitu juga untuk Pertalite, dimana pasokan yang dipersiapkan akan naik sekitar 16 persen sekitar 646 KL pet hari.

Selama berada di Balikpapan, Arcandra, juga menyoroti pasokan listrik di Bumi Etam.

Dirinya ingin melihat kesiapan PLN untuk listrik di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara termasuk ketika menghadapi gangguan.

"Dari laporan yang saya terima, bukan masalah pasokan saja, apalagi daya di Sistem Mahakam yang sekitar 400 MW itu mencukupi. Tapi selama ini lebih pada gangguan dari faktor alam seperti petir serta ketinggian pohon yang mengganggu transmisi listrik," kata Arcandra. (*)

Penulis: Amanda Liony
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved